DIMULAI DARI KELUARGA

1 2 3 4 5 Rating 4.68 (28 Votes)

Baca: Hakim-hakim 6:25-32

Tetapi jawab Yoas kepada semua orang yang mengerumuninya itu: "Kamu mau berjuang membela Baal? Atau kamu mau menolong dia? Siapa yang berjuang membela Baal akan dihukum mati sebelum pagi. Jika Baal itu allah, biarlah ia berjuang membela dirinya sendiri, setelah mezbahnya dirobohkan orang." (Hakim-hakim 6:31)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Ayub 17-20



Tuhan memberi perintah kepada Gideon untuk merubuhkan mezbah Baal milik Yoas, ayahnya. Dia harus mengambil sapi jantan ayahnya untuk dipersembahkan, memotong tiang penghormatan Dewa Asyera yang dibangun ayahnya, dan membangun mezbah bagi Tuhan. 

Gideon melakukannya pada malam hari karena takut. Takut pada keluarga, juga pada penduduk kota. Benar, esoknya ketika orang melihat mezbah itu rubuh, mereka datang kepada Yoas, dan ada yang memberitahukan bahwa Gideonlah pelakunya. Alih-alih marah, Yoas berkata, "Jika Baal itu allah, biarlah ia berjuang membela dirinya sendiri, setelah mezbahnya dirobohkan orang." 

Rasa takut mungkin menunjukkan lemahnya iman Gideon. Meskipun demikian, ia memilih melakukan kehendak Allah sekalipun harus berhadapan dengan ayahnya. 

Saat ini, banyak orang beriman, tetapi takut melakukan pekerjaan Tuhan. Takut dianggap melanggar tradisi yang sudah biasa dilakukan banyak orang. Padahal, tradisi itu menyimpang dari kehendak Tuhan. Di tengah lingkungan kerja yang korup, misalnya, orang memilih ikut korupsi daripada dipecat. Padahal, pembebasan Tuhan dimulai dengan membebaskan diri dari perbudakan, termasuk pengaruh berhala modern—karier, teknologi, uang, fesyen, kekuasaan, dan sebagainya. 

Sudahkah kita mengandalkan pertolongan kuasa Tuhan untuk memulai perubahan di tengah keluarga? Bukan dengan melawan orang lain, melainkan dengan menentang ketidakbenaran dan mendorong orang untuk bertobat.

—EBL/www.renunganharian.net


KEBERHASILAN DIMULAI DENGAN BERANI BERIMAN
DAN MEMPERTARUHKAN DIRI DI TANGAN TUHAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.