PEMIMPIN YANG MELAYANI

1 2 3 4 5 Rating 4.53 (17 Votes)

Baca: Kejadian 31:1-21

Juga kamu sendiri tahu, bahwa aku telah bekerja sekuat-kuatku pada ayahmu. Tetapi ayahmu telah berlaku curang kepadaku dan telah sepuluh kali mengubah upahku, tetapi Allah tidak membiarkan dia berbuat jahat kepadaku. (Kejadian 31:6-7)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Yohanes 19-21



Suatu ketika Kompas menurunkan artikel berjudul Menjadi Pemimpin yang Melayani. Saya mengira itu artikel kerohanian, tetapi ditempatkan di rubrik karier. Diungkapkan bahwa seorang atasan berhasil menjadi pemimpin yang baik tatkala ia menempatkan dirinya sebagai pelayan bagi sesamanya, menghargai, mampu menjadi pendengar dan komunikator yang baik. Ia memperlakukan bawahan sebagai mitra kerja, bukan sebagai pesaing. 

Laban gagal menjadi paman, mertua, dan mitra kerja Yakub. Kepemimpinannya gagal karena menganggap Yakub telah mengambil hartanya (ay. 1). Padahal, harta Laban bertambah banyak dan harta Yakub didapatkan dari bekerja padanya selama 14 tahun. Laban selalu berlaku curang dan menganggap Yakub sebagai saingan. Yakub merasa tidak dihargai dan akhirnya memutuskan membawa istri dan anak-anaknya pergi dari rumah Laban (ay. 17-21). Sebenarnya Yakub bisa diandalkan dalam segala sesuatu, berintegritas, dan berkomitmen pada perjanjiannya dengan Laban (Kej. 30:34). Laban tidak menyadari bahwa orang yang berpotensi seharusnya didorong untuk terus maju sampai ia benar-benar menjadi orang yang sukses. 

Apakah kita sudah menghargai hasil kerja rekan kita? Ataukah kita memandangnya sebagai pesaing? Apakah yang dapat kita lakukan untuk memiliki relasi yang baik dengan mereka? Kita perlu belajar bekerja sama secara sehat serta belajar dan melengkapi satu sama lain. Itulah salah satu langkah untuk memuliakan Tuhan dan melayani sesama di tempat kerja.

—YDS/www.renunganharian.net


KESEMPATAN UNTUK MENJADI REKAN KERJA YANG BAIK
ADALAH MELAYANI DENGAN SIKAP YANG BENAR


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.