KETIKA SEMUA BERANTAKAN

1 2 3 4 5 Rating 4.63 (30 Votes)

Baca: Habakuk 1:2-4

Berapa lama lagi, TUHAN, aku berteriak, tetapi tidak Kaudengar, aku berseru kepada-Mu: “Penindasan!” tetapi tidak Kautolong? (Habakuk 1:2)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Markus 14-16



Penggalan lirik lagu Bimbo berbunyi, “Aku jauh, Engkau jauh. Aku dekat, Engkau dekat.” Atau, lirik lagu yang dipopulerkan Nikita, “Dia hanya sejauh doa.” Para lirikus, juga filsuf, tampaknya sering digelisahkan oleh kehadiran Tuhan. Kapankah kehadiran Tuhan menjadi persoalan bagi manusia? Ketika Dia terasa begitu jauh. Lalu, kapankah Dia terasa begitu jauh? Ketika semua hal dalam hidup kita berantakan. 

Nabi Habakuk menyaksikan hal-hal yang membuatnya putus asa ketika bangsa Yehuda berubah setia kepada Tuhan. Habakuk sudah berseru kepada Tuhan lewat doa-doanya agar Tuhan bertindak mengganjar kelaliman bangsa itu, tapi Tuhan sepertinya terdiam; walaupun pada akhirnya Tuhan bertindak menghukum bangsa Yehuda dengan penyerbuan orang Kasdim (lih. Hab. 1:5-11). 

Tindakan Tuhan membuat Habakuk resah, dan lewat ilham Roh Kudus, muncullah kata-katanya yang terus bergema sepanjang sejarah: “orang yang benar itu akan hidup oleh percayanya” (ay. 4)—orang benar akan hidup oleh iman. Di bagian akhir kitab Habakuk kita bisa membaca, ia menemukan alasan untuk tetap bersyukur (bdk. Hab. 3:17-18) meskipun segala sesuatu yang ia doakan tak lekas dijawab Tuhan. Ia setia menunggu, meyakini bahwa Tuhan tak pernah diam untuk segala ketidakadilan yang disaksikannya. Sangat mudah kehilangan kepercayaan ketika harapan dan impian kita tak segera mewujud nyata. Namun, iman sejati mewujud dalam hati yang bersukacita, menanti, dan percaya, bahwa rencana dan tindakan Tuhan selalu mendatangkan kebaikan.

—SN/www.renunganharian.net


KEBENARAN LAHIR DARI SERANGKAIAN UJIAN; DAN KALAU KEBENARAN
DITENTUKAN DARI IMAN, MAKA IMAN ITU PUN HARUS DIUJI


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.