HATI YANG LURUS

1 2 3 4 5 Rating 4.64 (22 Votes)

Baca: Kolose 3:5-10

Karena itu, matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi, yaitu percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat dan juga keserakahan, yang sama dengan penyembahan berhala. (Kolose 3:5)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Markus 4-5



Kayu jati terkenal berkualitas unggul. Sebagai bahan bangunan atau mebel, jati memiliki karakter dan kriteria ideal. Wajarlah jika harganya dibanderol relatih lebih mahal daripada kayu jenis lain. Untuk menghasilkan kayu jati yang berkualitas, selain melakukan pemupukan dan penyiangan, petani jati harus melakukan pemangkasan ranting secara rutin supaya batang utama tumbuh lurus ke atas. 

Kriteria ideal murid Kristus adalah menjalani hidup menurut teladan Sang Guru, mempersembahkan diri sebagai persembahan yang hidup, fokus pada kehendak Bapa. Kita tidak akan dapat “bertumbuh lurus ke atas” selama hati masih bercabang pada perkara duniawi: memberikan kesetiaan setara atau lebih besar kepada manusia, lembaga, tradisi, atau kesenangan duniawi. Keinginan duniawi ini mesti dipangkas. 

Bukan berarti kita harus beralih profesi menjadi rohaniwan. Pengusaha, pengacara, guru, polisi, pedagang, petani, dokter, buruh, dan tukang becak pun dapat dipakai Tuhan untuk mendatangkan berkat dan damai sejahtera. Namun, manusia lama yang menjadikan pekerjaan sebagai sarana untuk memperoleh kekayaan, jabatan, kehormatan, kenyamanan, dan eksistensi diri harus diubah. Apalagi jika dilakukan dengan mengumbar hawa nafsu, kejahatan, keserakahan, dan kenajisan. Manusia baru mengutamakan kemuliaan Tuhan. Ia belajar menguasai diri sehingga tidak tergoda oleh pencapaian semu yang ditawarkan oleh dunia. Ia bekerja dan melayani berdasarkan kasih dan kesetiaan sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan.

—EBL/www.renunganharian.net


SEMUA PEKERJAAN DAPAT MENJADI SARANA MEMULIAKAN TUHAN
SELAMA DIJALANI DENGAN LANDASAN KASIH DAN KEBENARAN KRISTUS


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.