BERIMAN PADA MISTERI TRINITAS

1 2 3 4 5 Rating 4.57 (21 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: 2 Tesalonika 2:13-17

Supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku. (Yohanes 17:21)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Nehemia 9-10



Banyak orang bingung dan bertanya, “Berapa jumlah Allah orang Kristen? Satu atau tiga?” Itulah salah satu pertanyaan penting, yang oleh karenanya harus dijawab, namun jawabnya tidaklah mudah. Pemahaman tentang Allah Bapa, Putra dan Roh Kudus, disebut dengan Trinitas, bukan Tritheis. Tritheis berarti 3 Allah. Sedangkan Trinitas berarti: Triune atau Three in One: Tiga dalam Satu. Allah adalah satu substansi dalam tiga pribadi. 

Tulisan Paulus di 2 Tesalonika menegaskan kekhasan sekaligus kesatuan 3 pribadi ini. Perhatikanlah kalimat ini: “Allah dari mulanya telah memilih kamu untuk diselamatkan dalam Roh…. Untuk itulah Ia telah memanggil… sehingga kamu boleh memperoleh kemuliaan Yesus Kristus, Tuhan kita…. Dan Ia, Tuhan kita Yesus Kristus, dan Allah, Bapa kita, yang dalam kasih karunia-Nya telah mengasihi kita.…” Allah bekerja secara dinamis dalam keterkaitan person Bapa, Anak dan Roh! 

Tentu kita sadar bahwa kita tak akan mungkin mengelupas misteri Allah hingga tuntas. Allah dan misteri-Nya terlalu besar untuk logika kita. Beberapa analogi berikut semoga cukup menolong kita: Perhatikanlah telur ayam, yang terdiri dari kulit telur, putih telur dan kuning telur. Ketiganya berbeda, namun ketiganya adalah satu telur! Lihatlah segitiga sama sisi. Ada 3 sudut A, B dan C, namun ketiganya sekaligus membentuk satu segitiga. Kedua contoh ini hanyalah alat bantu untuk menjelaskan bahwa Allah yang kita imani adalah satu Allah dalam tiga persona yang saling “menari” dalam kesatuannya.

—DKL/www.renunganharian.net


TEGUH DALAM KEYAKINAN, MEMBUKA DIRI PADA MISTERI ILLAHI


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.