HIDUP DALAM TAURAT

1 2 3 4 5 Rating 4.00 (15 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Roma 6:1-14

Sebab dosa tidak akan berkuasa lagi atas kamu, karena kamu tidak berada di bawah hukum Taurat, tetapi di bawah anugerah. (Roma 6:14)


Bacaan Alkitab Setahun:
Kejadian 25-27



Pacar pertama saya dulu wanita yang saya kenal di gereja. Karena belum punya pengalaman, hubungan kami itu dibangun dengan dasar “boleh-tidak” dan “harus”. Kami membuat daftar apa saja yang boleh dan tidak boleh serta kewajiban yang harus dikerjakan. Bila salah satu dari kami ada yang melanggar kesepakatan, pasti terjadi keributan. Hubungan kami pun penuh ketegangan dan rapuh.

Hal yang sama tanpa kita sadari terjadi dalam hubungan kita dengan Tuhan. Kita menjalani hubungan dengan Tuhan berdasarkan “kewajiban”. Kita berpikir, “Saya harus berdoa setiap hari, baca Alkitab sekian pasal, rajin ke gereja, kalau tidak Dia akan marah dan tidak memberkati saya.” Kita berada di bawah hukum Taurat, dan bukan dalam kasih karunia. Hubungan semacam itu melelahkan, karena berfokus pada usaha menyenangkan Dia dengan kekuatan sendiri. Padahal, sampai kapan pun kita tidak akan pernah bisa menyenangkan Dia dengan usaha kita atau membuat Dia memberkati kita karena perbuatan kita.

Karena itulah Yesus datang dan menggenapi hukum Taurat (Mat. 5:17), supaya kita bisa lepas dari kuk hukum Taurat dan hidup dalam kasih karunia-Nya. Kasih karunia berarti Allah menerima kita berdasarkan karya penebusan Kristus, bukan usaha kita. Jadi apa yang perlu kita lakukan? Berhentilah berusaha menyenangkan Allah dengan usaha kita sendiri; sebaliknya, bersyukurlah karena Dia sudah berkenan kepada kita. Kasih karunia-Nya itulah yang akan mengajar dan memampukan kita hidup menurut kebenaran-Nya.—DP

ALLAH TIDAK MENDASARKAN HUBUNGAN DENGAN KITA
PADA HUKUM TAURAT, MELAINKAN PADA KASIH KARUNIA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.