MENAKLUKKAN, BUKAN MELAKUKAN

1 2 3 4 5 Rating 3.90 (20 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Matius 4:1-11

Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti! (Matius 4:10)


Bacaan Alkitab Setahun:
Ulangan 11-13



Segera setelah langit terbuka bagi-Nya dan Roh Allah turun ke atas-Nya dan Dia dinyatakan sebagai Anak Allah dan Juruselamat dunia, Yesus dicobai. Pelayanan-Nya baru saja dimulai, tetapi Dia sudah harus menghadapi pencobaan Iblis. Iblis menyerang-Nya dalam tiga aspek: kebutuhan jasmani atau kebutuhan hidup (ay. 3), demonstrasi kekuasaan atas dunia (ay. 5-6), dan peralihan kepemilikan dunia dari Iblis kepada Yesus (ay. 8-9). Ketiganya dipatahkan Yesus dengan mengutip firman Tuhan yang dilandasi atas kebergantungan mutlak kepada Bapa (ay. 4, 7, 10).

Hak istimewa dan tanda khusus yang menunjukkan kemurahan Ilahi tidak menjamin bahwa kita tidak akan dicobai. Iblis terus berperang melawan Allah dan umat-Nya. Menjauhkan orang percaya dari kesetiaan kepada Kristus, membawa mereka ke dalam dosa dan perbudakan sistem dunia. Seperti Iblis mempergunakan firman Allah ketika mencobai Yesus untuk berbuat dosa, ada kalanya ayat Alkitab dipakai untuk membujuk orang percaya melakukan sesuatu yang salah atau tidak bijaksana.

Karena itu, orang percaya perlu berdoa agar dibebaskan dari Iblis, waspada terhadap segala tipu muslihat dan pencobaannya, serta melawannya dalam peperangan rohani, sambil berpegang teguh di dalam iman. Orang percaya mesti memahami firman Allah dan waspada terhadap mereka yang memutarbalikkannya untuk memuaskan tabiat berdosa manusia. Mari kita mengikuti Yesus yang menaklukkan tipu muslihat Iblis, bukan malah melakukan keinginannya.—EBL

KALAHKAN TIPU DAYA IBLIS DENGAN BERPEGANG TEGUH
PADA KEBENARAN FIRMAN TUHAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.