SELURUH HIDUP KITA

1 2 3 4 5 Rating 4.39 (33 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Matius 5:33-37

“Jika ya, hendaklah kamu katakan: Ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: Tidak. Apa yang lebih daripada itu berasal dari si jahat.” (Matius 5:37)


Bacaan Alkitab Setahun: 
1 Petrus 1-2



Kejujuran sering dipahami sebatas soal pernyataan, yakni: memberi pernyataan tentang sesuatu apa adanya, sesuai dengan kenyataan. Jika orang mengaku bujangan, dan dia memang bujangan, dia telah bersikap jujur. 

Tuhan memang bersabda, “Jika ya, hendaklah kamu katakan: Ya; jika tidak, hendaklah kamu katakan: Tidak. Apa yang lebih daripada itu berasal dari si jahat.” Jadi, memberi pernyataan sesuai dengan fakta memang sebuah sikap jujur. Tetapi, kita tahu, lingkup makna sabda itu tidak hanya sebatas pernyataan, tetapi meliputi segenap hidup kita. Artinya, lingkup kejujuran tidak sebatas kejujuran dalam kata. Ia meliputi hidup kita seutuhnya, dengan atau tanpa kata. 

Jika kita jujur, kita akan mengakui talenta dan waktu yang ada pada kita, hingga—misalnya—kita rela melayani di bidang yang kita mampu. Jika kita jujur, kita takkan berlagak mumpuni demi suatu posisi, tetapi mengakui keterbatasan diri dan menyilakan orang lain yang mampu. Jika kita jujur, kita mengakui bahwa yang baik adalah baik, yang jahat adalah jahat, siapa pun yang mengatakan atau melakukannya. Jika kita jujur, kita akan jujur menakar hati kita, dan mengoreksinya jika itu harus. Jika kita jujur, kita akan berusaha memberlakukan apa pun yang kita tahu seharusnya berlaku. Dan, banyak lagi. 

Demikianlah, kejujuran itu lebih dari sekadar soal pernyataan. Bersikap jujur adalah mengakui apa pun yang memang harus kita akui—dengan atau tanpa kata—dan menindaklanjutinya dengan tindakan yang sesuai dengan pengakuan itu.

—EE/www.renunganharian.net


LINGKUP KEJUJURAN TIDAK SEKADAR KEJUJURAN DALAM KATA.
IA MELIPUTI HIDUP KITA SEUTUHNYA, DENGAN MAUPUN TANPA KATA.


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons:


Renungan via YouTube Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.