INGATAN PENDEK

1 2 3 4 5 Rating 4.39 (28 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Mazmur 103

Pujilah TUHAN, hai jiwaku, dan janganlah lupakan segala kebaikan-Nya! (Mazmur 103:2)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Ibrani 5-7



Saat dihadapkan pada Laut Teberau sementara di belakang tentara Mesir mengejar, bangsa Israel berpikiran buruk tentang apa yang diperbuat Tuhan. Mereka berpikir hendak dikubur di padang gurun (Kel. 14:10-12). Padahal Tuhan baru memunculkan sepuluh tulah untuk mengeluarkan mereka dari perbudakan Mesir! Sampai di Mara, mereka bersungut-sungut karena tidak mendapat air (Kel. 15:23-24). Padahal Tuhan baru “membelah” Laut Teberau di depan mata mereka! Di padang gurun Sin, mereka mengeluh tak ada makanan (Kel. 16:2-3). Padahal Tuhan baru mengubah air di Mara yang pahit menjadi manis! Di Rafidim, mereka marah karena tidak ada air (Kel. 17:1-3). Padahal Tuhan baru menurunkan manna! Ingatan bangsa Israel ternyata pendek! 

Kita pun sering dihinggapi ingatan pendek. Kita tidak fokus dan sering mengabaikan pertolongan Tuhan. Daud sadar dirinya pun cenderung mendapat serangan ingatan pendek! Karena itulah Daud mengatakan pada jiwanya untuk tidak melupakan segala kebaikan Tuhan (ay. 2). Banyak hal Tuhan lakukan dalam hidup kita. Dia mengampuni dosa, menyembuhkan penyakit, mencurahkan kasih setia dan rahmat serta mengelilingi kita dengan kebaikan (ay. 3-5). Tuhan adil, Dia pembela, penyayang dan pengasih, pula panjang sabar dan berlimpah kasih setia-Nya (ay. 6-8). 

Saat persoalan datang menerpa, alih-alih menjadi kecewa, ingatlah kembali kebaikan Tuhan dalam kehidupan kita. Jika sebelumnya Tuhan menolong, sekarang Dia pasti akan menolong! Tenangkan jiwa kita dan nantikan pertolongan dari Tuhan!

—LIN/www.renunganharian.net


MENGINGAT KEMBALI KEBAIKAN TUHAN AKAN
MEMBUAT DIRI KITA KUAT SAAT MENGHADAPI PERSOALAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.