TERBIASA BERKATA BENAR

1 2 3 4 5 Rating 4.51 (35 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Efesus 4:17-32

Karena itu buanglah dusta dan berkatalah benar seorang kepada yang lain, karena kita adalah sesama anggota. (Efesus 4:25)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Maleakhi 1-4



Dalam suatu kesempatan berbicara di persekutuan remaja dan pemuda tentang berkata benar, saya mengawalinya dengan membuat permainan sederhana. Setiap orang memberi pernyataan, lalu yang lain akan menebak apakah pernyataan tadi jujur atau bohong. Menariknya, dari dua kali kesempatan, saya mendapati ada kecenderungan dari mereka untuk memberi pernyataan yang benar. Saya amati bahwa mereka juga tampak cukup kesulitan memikirkan pernyataan yang tidak benar, sekalipun kegiatan malam itu hanya sebagai permainan. 

Merenungkan permainan itu, saya bersyukur bahwa dalam diri mereka tampaknya sudah terbangun kejujuran dan prinsip kebenaran. Selaras dengan nas renungan kita hari ini dimana firman Tuhan berharap kita membuang dusta dan berkata benar satu dengan yang lain. Frasa “seorang kepada yang lain” berarti setiap orang punya tanggung jawab yang sama untuk menjadikan kebenaran sebagai bagian dari cara hidupnya sebagai manusia baru di dalam Kristus. Bagi mereka yang ingin hidup benar, tantangan pasti ada, bahkan godaan untuk berkompromi akan muncul. Namun, keteguhan hati untuk hidup benar dapat menjadi kunci kemenangan kita, dengan kesiapan menanggung segala risikonya dalam kasih karunia Tuhan. 

Jadi, yang manakah kecenderungan yang selama ini mewarnai kita? Apakah kita cenderung mudah berkata dan bertindak benar, atau sebaliknya kita kerap kesulitan melakukannya? Sebagai orang yang dibenarkan oleh pengorbanan Kristus, mari relakan diri kita dipakai oleh-Nya untuk menjadi senjata-senjata kebenaran!

—GHJ/www.renunganharian.net


NURANI ORANG BENAR SEHARUSNYA AKAN TERUSIK
KETIKA ADA GODAAN UNTUK MELAKUKAN KETIDAKBENARAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons:


Renungan via YouTube Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.