YANG MASIH TERSISA

1 2 3 4 5 Rating 4.55 (31 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Roma 9:16-33

Dan Yesaya berseru tentang Israel, “Sekalipun jumlah anak Israel seperti pasir di laut, namun hanya sisanya akan diselamatkan.” (Roma 9:27)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Yeremia 15-18



Status orang Israel berubah drastis ketika Allah dengan kuasa-Nya membawa mereka keluar dari Mesir. Mereka yang dulu budak, diangkat Allah menjadi umat pilihan-Nya. Status baru itu pun menandai sebuah hubungan yang begitu dekat antara Allah dan bangsa itu. Allah berinteraksi langsung dengan mereka, memimpin dan memberkati kehidupan mereka, mencukupkan segala kebutuhan mereka dengan cara yang paling tidak terpikirkan. Di dalam relasi anugerah yang sangat khusus itulah, bangsa Israel hidup. 

Namun status baru sebagai umat Allah yang dimerdekakan ternyata tidak membuat mereka hidup dalam rasa syukur, sebaliknya berkali-kali mereka memberontak kepada Allah. Pemberontakan berulang kali itulah yang akhirnya membuat Allah harus membinasakan sebagian besar dari mereka dan tidak memperkenan masuk ke dalam negeri yang dijanjikan itu. Sebagian besar dari bangsa itu binasa karena kekerasan hati mereka, tetapi masih ada sebagian lagi yang diselamatkan. Dan mereka yang diselamatkan inilah yang disebut sebagai bagian yang masih tersisa. Sebagian yang masih hidup ini diselamatkan semata-mata karena anugerah Tuhan. 

Kisah sebagian orang yang tersisa dan diselamatkan ini mengingatkan kepada kita bahwa orang yang terpilih dan diselamatkan adalah mereka yang hidup dalam rasa syukur atas anugerah Tuhan dan hidup dalam ketaatan firman-Nya. Mendapat anugerah keselamatan bukan berarti kita lepas dari tanggung jawab untuk hidup dalam ketaatan. Kemerdekaan yang Tuhan berikan seharusnya membuat hidup kita semakin rindu untuk menyenangkan hati-Nya.

—SYS/www.renunganharian.net


SEBAGAI BAGIAN UMAT YANG TERSISA, HARGAI ANUGERAH ALLAH
DENGAN HIDUP YANG MAKIN TAAT KEPADA-NYA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons:


Renungan via YouTube Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.