CERMIN DIRI

1 2 3 4 5 Rating 4.16 (43 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Yakobus 1:19-27

Tetapi siapa yang meneliti hukum yang sempurna, yaitu hukum yang memerdekakan orang, dan bertekun di dalamnya, jadi bukan hanya mendengar lalu melupakannya, tetapi sungguh-sungguh melakukannya, ia akan berbahagia oleh perbuatannya. (Yakobus 1:25)


Bacaan Alkitab Setahun: 
1 Tawarikh 17-20



Menurut sebuah penelitian, rata-rata orang bercermin sebanyak 8 hingga 10 kali dalam satu hari. Bahkan konon ada orang-orang yang memandang cermin hingga lebih dari 60 kali! Itu termasuk saat mereka melirik secara sekilas untuk melihat bayangan tubuhnya saat mereka berada di sebuah pertokoan atau saat mereka bercermin menggunakan layar ponselnya. Kita bercermin dengan tujuan untuk memeriksa penampilan kita. Jika kita melihat ada yang salah dengan penampilan kita, kita pasti akan memperbaikinya. 

Rasul Yakobus mengibaratkan seseorang yang sedang mendengarkan firman Tuhan namun tanpa pernah melakukannya itu seperti orang yang sedang berdiri di depan cermin tapi melupakan apa yang baru saja dilihatnya. Pernyataan ini juga hendak mengingatkan sebuah kebenaran yang hakiki bahwa sudah seharusnya kita dengan sungguh-sungguh mencermati dan meneliti firman Tuhan itu dan kemudian tidak begitu saja melupakannya. Apa yang kita peroleh dari firman Tuhan hendaknya dibarengi dengan sebuah tindakan nyata yang menunjukkan bahwa kita mengingat dan meyakini kebenaran itu. Tidak hanya mendengar untuk melupakan, tetapi mengingat dan melakukannya. 

Seperti cermin membantu untuk menunjukkan apa yang salah dari penampilan kita, marilah menguji hati kita. Apakah setiap kebenaran firman Tuhan yang kita dengar dan baca selalu mendorong kita untuk memperbaiki diri agar hidup kita semakin sesuai dengan apa yang dikehendaki-Nya? Atau sebaliknya, kebenaran itu tidak berdampak apa pun karena kita terus melupakannya?

—SYS/www.renunganharian.net


SEPERTI YANG TERTULIS DALAM ALKITAB,
ALLAH INGIN KITA HIDUP SEPERTI APA YANG DITULIS ALLAH ITU


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: