RESPONS TERHADAP PENYESALAN

1 2 3 4 5 Rating 4.24 (33 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Matius 27:1-10

Ia pun melemparkan uang perak itu ke dalam Bait Suci, lalu pergi dari situ dan menggantung diri. (Matius 27:5)


Bacaan Alkitab Setahun: 
2 Samuel 19-20



Setiap orang mempunyai respons yang berbeda sesaat setelah kesalahan fatal yang diperbuatnya. Sebagian orang berespons benar dengan menyadari kesalahan, minta maaf, dan bertobat. Tetapi tidak sedikit pula yang meski sadar akan kesalahannya, namun setelah itu mereka justru berlarut-larut dalam penyesalan dan... mengakhiri hidup. 

Yudas, sangat menyesali kesalahannya. Tetapi penyesalan itu tidak membawanya kepada pertobatan. Ia justru berlarut-larut dalam penyesalan dan akhirnya bunuh diri. Petrus pun sangat menyesal. Penyangkalannya tentang siapa dirinya kepada Kristus adalah sama fatalnya dengan kesalahan Yudas. Namun Petrus menyikapi penyesalannya dengan pertobatan. Dan ia pun kembali mengikut Tuhan. Dalam bagian Alkitab yang lain dukacita Yudas disebut sebagai dukacita dari dunia (2Kor. 7:10). Pusatnya adalah diri sendiri. Sementara, dukacita yang menurut kehendak Allah "menghasilkan pertobatan". Kata pertobatan dalam bahasa Yunani adalah metanoia, yang artinya berubah pikiran atau berbalik dari dosa. 

Tak seorang pun pernah luput dari berbuat kesalahan. Bahkan mungkin sebuah kesalahan fatal yang membuat orang-orang terdekat kita begitu kecewa. Kesalahan itu mungkin membawa kita kepada sebuah penyesalan yang mendalam. Namun ingatlah bahwa anugerah Tuhan masih tersedia bagi kita hari ini. Ampunilah diri sendiri, mintalah maaf kepada orang-orang yang telah kita kecewakan, mintalah pengampunan kepada Tuhan. Percayalah bahwa penyesalan yang benar akan membawa kita pada pertobatan dan menjadikan hidup kita jauh lebih indah dari sebelumnya.

—SYS/www.renunganharian.net


PENYESALAN YANG BENAR PASTILAH
AKAN MEMBAWA KITA KEPADA PERTOBATAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons:


Renungan via YouTube Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.