TOLONG TEMANI AKU

1 2 3 4 5 Rating 4.40 (40 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Matius 26:36-46

Lalu kata-Nya kepada mereka, “Hati-Ku sangat sedih, seperti mau mati rasanya. Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah dengan Aku.” (Matius 26:38)


Bacaan Alkitab Setahun: 
1 Samuel 17-18



Pada waktu Ibu saya meninggal dunia, merasa kehilangan dan sangat sedih itu pasti. Saya terhibur saat saudara dan kawan berdatangan menemani dan mengucapkan turut berdukacita. Tapi akhirnya satu per satu mereka pamit pulang. “Tolong temani aku,” itulah yang saya katakan kepada pacar (sekarang istri saya). Kala itu tinggal saya dan dia di rumah duka. Calon istri menemani selama beberapa jam. Saya terhibur dengan kehadirannya. 

“Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah dengan Aku,” itulah permintaan Yesus kepada Petrus dan kedua anak Zebedeus. Hati Yesus sangat sedih, seperti mau mati rasanya, sehingga Dia butuh dukungan orang-orang terdekat. Setelah itu, Yesus berdoa kepada Bapa. Yesus mau menuruti kehendak Bapa, bukan kehendak-Nya. Selesai berdoa, Yesus mendapati ketiga murid-Nya tidur. Yesus meminta mereka berjaga-jaga dan berdoa agar tidak jatuh ke dalam pencobaan, karena roh memang penurut, tetapi daging lemah (ay. 41). Yesus berdoa tiga kali. Selesai berdoa, Yesus siap menjalani salib untuk menebus dosa umat manusia. Orang terdekat bisa menemani dan mendukung, tapi hanya sementara. Saat kita berdoa kepada Tuhan, kita dikuatkan dan dimampukan Tuhan untuk menjalani hal-hal terberat. 

Kalau saat ini kita mengalami pergumulan sangat berat, orang terdekat yang kita kasihi meninggal dunia, kita divonis dokter sakit serius dan umur kita tidak lama, berdoalah seperti Yesus berdoa. Beryukurlah kalau Tuhan melalui orang-orang terdekat, menemani, mendukung, dan menguatkan kita.

—RTG/www.renunganharian.net


KEHADIRAN DAN DUKUNGAN KITA KEPADA
ORANG YANG BERBEBAN BERAT SANGAT BESAR DAMPAKNYA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: