TANDA PERJANJIAN ALLAH

1 2 3 4 5 Rating 4.53 (30 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Kejadian 17:1-27

“Inilah perjanjian-Ku, yang harus kamu pegang, perjanjian antara Aku dan kamu serta keturunanmu, yaitu setiap laki-laki di antara kamu harus disunat.” (Kejadian 17:10)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Bilangan 5-6



“Saya mengambil engkau menjadi istri/suami saya, untuk saling memiliki dan menjaga … sampai maut memisahkan kita, sesuai dengan hukum Allah yang kudus, dan inilah janji setiaku yang tulus.” Itulah janji suci pernikahan yang diucapkan sepasang mempelai di depan pendeta dan para undangan. 

Ketika Allah memanggil Abram keluar dari negeri kelahirannya, Dia memberikan janji: “Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar.” (Kej. 12:2). Allah tidak pernah ingkar janji, tetapi Dia mengerti bahwa hati manusia kerap diliputi kebimbangan dan keragu-raguan, apalagi jika waktu pemenuhan janji itu masih lama. Demi meneguhkan perjanjian-Nya sekaligus menguatkan iman Abram, Allah memberikan beberapa tanda perjanjian. Tanda itu berupa sunat, yakni setiap laki-laki harus dikerat kulit khatannya (ay. 10-11). Selanjutnya, Allah mengubah nama Abram menjadi Abraham yang berarti bapa sejumlah besar bangsa, dan nama Sarai menjadi Sara yang berarti ibu bangsa-bangsa (ay. 5, 15-16). Apabila kita perhatikan, keseluruhan tanda itu memberi keyakinan: di hari depan, Abraham pasti memperoleh keturunan. Ya, terhadap janji-janji-Nya, Tuhan memang tidak main-main! 

Tuhan juga memberikan janji-janji-Nya kepada kita. Keseluruhan janji itu tertulis di Alkitab, di antaranya janji penyertaan (Mat. 28:20), janji pemenuhan (Flp. 4:19), dan janji kehidupan yang penuh damai sejahtera (Yoh. 14:27). Faktanya, janji Allah bukan sekadar perkataan manis, melainkan sudah teruji kebenarannya! Maukah kita memercayainya?

—LIN/www.renunganharian.net


APABILA KITA MENEMUKAN SOSOK PRIBADI
YANG TIDAK PERNAH INGKAR JANJI, DIA ITU PASTI ADALAH ALLAH!


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons:


Renungan via YouTube Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.