MENGUMPULKAN KREDIT

1 2 3 4 5 Rating 4.44 (34 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Filipi 3:7-14

Karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus. (Filipi 3:8b)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Bilangan 1-2



Thanos adalah tokoh antagonis dalam film Avengers: Infinity War. Ambisinya ialah mengumpulkan semua batu-batuan sakti yang tersebar di beberapa tokoh di seluruh penjuru bumi. Karuan saja penonton dibikin cemas tatkala ia berhasil mengumpulkannya satu demi satu guna melengkapi mata cincin di tangannya—tentu saja dengan cara menaklukkan pemiliknya. Karena, dengan bertambahnya batu-batuan terkumpul padanya, makin perkasalah ia! 

Pada dasarnya, sebagai manusia berdosa, kita ingin mengandalkan kekuatan sendiri—dalam segala perkara. Termasuk perkara kerohanian. Itu sebabnya kita tak ingin tampak lemah. Caranya dengan mengumpulkan apa saja demi membangun istana kredensial kita. Mengumpulkan angka-angka kredit bagi tabungan jasa prestasi kita. Lalu menghitungnya sebagai modal kekuatan—seperti yang dilakukan Paulus dulu. Namun, sekarang semua itu ia anggap “sampah”—tak ada nilai kreditnya sama sekali (ay. 7-8). Mengapa? Sebab kebaikan Allah datang melalui Kristus, dicurahkan sebagai hujan anugerah. Dialami oleh siapa yang percaya dan mengandalkan Yesus dan karya penebusan-Nya—bukan dirinya sendiri (ay. 9-11). 

Dalam hal kerohanian, yang paling berbahaya ialah kecongkakan rohani. Yaitu saat kita mulai mengumpulkan dan menghitung jumlah jasa, kesalehan, kesetiaan dan pelayanan kita sebagai kredit yang memberi keuntungan. Bahkan sebagai nilai lebih dibandingkan orang lain. Seolah-olah Tuhan begitu terpikat dibuatnya. Jika memang demikian, masih adakah dan perlukah Kristus dalam hidup kita?

—PAD/www.renunganharian.net


ALLAH TIDAK PERNAH TERPESONA OLEH APA YANG KITA LAKUKAN,
SEBAB APA YANG KRISTUS LAKUKAN BAGI KITA LEBIH DARI SEGALANYA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: