PERCAYA? MELANGKAH!

1 2 3 4 5 Rating 4.24 (33 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Yosua 6:1-20

“Haruslah kamu mengelilingi kota itu ... enam hari lamanya.” (Yosua 6:3)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Keluaran 38-39



Setelah menghabiskan empat puluh tahun yang sulit di gurun, bangsa Israel kini berada di tepi timur Sungai Yordan. Tantangan selanjutnya: merebut tanah Kanaan. Rintangan pertama adalah Yerikho (ay. 1), kota yang sangat sulit ditaklukkan. Kotanya dikelilingi tembok dan benteng-bentengnya memiliki dinding batu setinggi 11 kaki dan lebar 14 kaki. 

Terbiasa berperang untuk hidup atau mati, kali ini perintah Allah terdengar tak masuk akal. Membuat Yosua dan bangsa Israel tampak bodoh untuk mengelilingi kota tersebut selama enam hari (ay. 3) dengan berjalan diam (ay. 10). Namun mereka memilih untuk patuh. Setiap hari mereka memutari kota, tidak mempertanyakan tujuan dan instruksi tersebut. Iman membuat mereka dengan sepenuh-penuhnya percaya walau kepastian akan kemenangan tidak serta-merta mereka peroleh. Atas hal tersebutlah, tembok Yerikho kemudian runtuh di hari ketujuh dan iman mereka diperhitungkan Tuhan. (Ibr. 11:30

Tidaklah cukup untuk mengatakan, “Saya percaya, Tuhan” lalu beberapa saat kemudian menjalani hidup dengan cara yang tidak memercayai-Nya. Jika kita benar-benar percaya bahwa Ia memegang kendali, maka hidup kita seharusnya dipenuhi keinginan untuk hidup menuruti kehendak-Nya dan melakukan segala upaya untuk melakukan yang menjadi perintah-Nya. Runtuhnya tembok Yerikho mengajarkan kepada kita akan pentingnya ketaatan. Ketaatan adalah bukti iman yang jelas. Ketaatan menjadi bukti bahwa kita beriman dan berani untuk melangkah. Bersama Allah kita selalu memiliki pengharapan (Rm. 15:4).

—YES/www.renunganharian.net


IMAN MENGGERAKKAN KAKI KITA
UNTUK MENAPAKI ANAK TANGGA PERTAMA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: