JANGAN GR!

1 2 3 4 5 Rating 4.27 (22 Votes)

Baca: Ulangan 9:1-6

Jadi ketahuilah, bahwa bukan karena jasa-jasamu TUHAN, Allahmu, memberikan kepadamu negeri yang baik itu untuk diduduki. Sesungguhnya engkau bangsa yang tegar tengkuk! (Ulangan 9:6)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Kejadian 7-9



GR atau “Gede Rasa” adalah perasaan yang berlebihan terhadap sesuatu yang belum pasti. Kita merasa berperan penting atas suatu pencapaian, padahal sebenarnya tidak. Kita merasa seseorang naksir pada kita, padahal sebenarnya tidak. Orang yang GR salah membaca keadaan. 

Bangsa Israel adalah bangsa yang kecil, namun berulang-ulang menjadi pemenang. Mereka dapat mengalahkan bangsa lain yang lebih kuat, lebih banyak, dan lebih besar tubuhnya. Hal itu membuat banyak bangsa takut dan segan terhadap mereka. Sangat mudah bagi bangsa Israel untuk merasa GR, merasa diri merekalah faktor penentu kemenangan tersebut. 

Menjelang mereka masuk ke Tanah Perjanjian, Tuhan memperingatkan bangsa Israel untuk tidak merasa GR atau besar kepala. Mereka menganggap bahwa mereka memperoleh kemenangan karena jasa pasukan yang berperang. Mereka menganggap diri mereka telah berkorban dan berjasa untuk meraih kemenangan. Sebaliknya, dengan keras Tuhan menegur mereka sebagai bangsa yang tegar tengkuk! 

Bangsa Israel adalah gambar kehidupan kita. Sesungguhnya, setiap berkat, setiap kemenangan, dan berbagai pencapaian terbaik yang kita miliki saat ini tidaklah layak untuk dibanggakan sebagai hasil dari jasa pribadi kita, melainkan merupakan bukti penyertaan dan kemurahan hati Tuhan. Bukankah Tuhan yang mengaruniakan kekuatan bagi kita memperoleh semuanya itu? Jadi, tidak perlu GR! —YS

TUHAN MEMBERKATI KITA BUKAN KARENA KEBAIKAN KITA,
MELAINKAN KARENA KEBAIKAN DAN KEMURAHAN HATI-NYA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.