TUHAN DI BALIK KISAH

1 2 3 4 5 Rating 4.56 (34 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: 1 Samuel 9:1-17

"Besok kira-kira waktu ini Aku akan menyuruh kepadamu seorang laki-laki dari tanah Benyamin; engkau akan mengurapi dia menjadi raja atas umat-Ku Israel dan ia akan menyelamatkan umat-Ku dari tangan orang Filistin. Sebab Aku telah memperhatikan sengsara umat-Ku itu, karena teriakannya telah sampai kepada-Ku." (1 Samuel 9:16)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Roma 1-3



Banyak pertemuan dengan seseorang yang terjadi secara tidak terduga dan rupanya mampu mengubah jalan hidup kita. Seorang sarjana sudah setahun ini menganggur dan puluhan lamaran kerjanya ditolak. Di tengah kebingungannya, tak terduga ia bertemu teman lama yang sudah bekerja dan punya posisi tinggi di perusahaan. Gayung pun bersambut, rupanya ia sedang mencari karyawan baru dan direkrutnyalah temannya itu. Hidupnya sejak itu berubah. 

Rupanya kita sedang membaca kisah serupa. Saul sedang kebingungan mencari keledai-keledai ayahnya yang hilang. Ia hampir putus asa sampai bujangnya mengajaknya untuk mencari seseorang yang dirasanya bisa menolong. Pertemuannya dengan Samuel pun terjadi secara tidak terduga dan di situlah awal perubahan hidup terjadi. Siapa yang sangka, Saul yang merasa diri kecil dan tidak layak itu justru dipilih Tuhan menjadi raja Israel? Dari semua rentetan peristiwa itu, kita menemukan bahwa betapa Tuhan ada di balik semua kisah itu. Jauh sebelum semua peristiwa itu terjadi, bukankah Tuhan telah memberitahukan semuanya kepada Samuel? (ay. 15-16). 

Setiap hari kita berjumpa dengan banyak orang. Setiap perjumpaan itu pasti memiliki makna dan arti yang penting, bahkan mampu mengubah hidup kita. Percayalah bahwa Tuhan selalu berkarya dan berada di balik setiap peristiwa hidup kita. Perjumpaan yang mengubah tentulah sangat penting bagi kita, tetapi perjumpaan kita dengan orang-orang biasa di sekitar kita pun bukanlah hal kebetulan atau bukan tanpa arti.

—SYS/www.renunganharian.net


TUHAN MENGATUR JALAN HIDUP KITA!
DI BALIK PERJUMPAAN KITA DENGAN SESAMA,
IA SEDANG BERKARYA UNTUK MENGUBAH HIDUP KITA.


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: