BANGKIT DENGAN CARA YANG TEPAT

1 2 3 4 5 Rating 4.69 (29 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Amsal 24:16

Sebab tujuh kali orang benar jatuh, namun ia bangun kembali, tetapi orang fasik akan roboh dalam bencana. (Amsal 24:16)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Zakharia 1-7



Saya terkejut mendengar pengakuan seorang pengusaha besar bahwa dalam membangun usahanya hingga berhasil seperti sekarang, ia telah melewati kegagalan demi kegagalan. Ditipu orang juga menjadi bagian dari kisah suksesnya, yang membuatnya belajar dan mengevaluasi diri. “Saya orangnya tak mau terlalu bersedih. Setiap kali gagal, ya sudah, tetapi saya segera bangkit. Saya lakukan evaluasi, bertanya sana-sini, lalu membuat rencana baru dan berjuang lagi,” ucapnya mengenang kisah perjuangan dalam bisnisnya. 

Nas renungan hari ini juga bicara soal bangkit dari kegagalan. Tentu saja, hal ini tak sekadar berbicara soal tekad dan semangat untuk bangkit, tetapi merespons kegagalan dengan cara yang tepat supaya kegagalan yang ada tidak sampai terulang lagi. Evaluasi diri, belajar dari kesalahan, mendengar nasihat atau petuah dari orang lain, dan tidak lupa membawa rencana ini dan itu kepada Tuhan, adalah beberapa cara yang dapat dilakukan dalam rangka bangkit dari kegagalan atau kejatuhan. Meratapi nasib dan sedih berkepanjangan, apalagi menyalahkan Tuhan, sama sekali bukanlah tindakan yang bijak untuk merespons kegagalan. 

Setiap orang pernah gagal dalam hidupnya. Para tokoh hebat di Alkitab pun mengalaminya. Tekad untuk bangkit dan mengerti cara yang tepat merespons kegagalan adalah kombinasi yang pas supaya tak tersandung dan jatuh oleh kegagalan, tetapi mampu bangkit dari setiap kegagalan untuk menatap keberhasilan. Apakah saat ini kita sedang gagal? Mari bangkit dan berjuang kembali dengan cara yang tepat!

—GHJ/www.renunganharian.net


BANGKIT DARI KEGAGALAN MEMERLUKAN STRATEGI
SUPAYA TAK BERUJUNG PADA KEGAGALAN LAINNYA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: