AKIBAT TERGESA-GESA

1 2 3 4 5 Rating 4.62 (34 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Amsal 19:1-2

... orang yang tergesa-gesa akan salah langkah. (Amsal 19:2)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Nahum 1 - Habakuk 3



Deane dan Jody terkejut saat petugas pemeriksaan tiket stasiun mengatakan bahwa tiket mereka sudah hangus. “Tiketnya untuk subuh tadi, alias sudah hampir sehari lewat,” ucap sang petugas. Setelah mencermati hari dan jam, ternyata benar bahwa mereka keliru membaca jadwal keberangkatan kereta api yang mereka pesan. Deane pun teringat bahwa pemesanan tiket waktu itu dilakukan dengan tergesa-gesa. Alhasil, dana ekstra harus keluar untuk membeli tiket supaya mereka bisa tetap melanjutkan rencana bepergian. 

Ketika Alkitab memperingatkan bahwa orang yang tergesa-gesa akan salah langkah—bisa diartikan pula rentan salah melangkah atau berpotensi keliru membuat keputusan—peringatan ini tak bisa diabaikan begitu saja. Ya, orang yang sedang terburu-buru dalam melakukan apa pun, biasanya cenderung abai atau kurang waspada, sehingga hal yang seharusnya dicermati atau penting, malah luput dari perhatian. Dampaknya, mulai dari salah baca jadwal, mengabaikan rencana penting, salah ambil keputusan, keluar dana ekstra, dan berbagai dampak merugikan lainnya dapat dialami oleh seseorang. 

Maka dari itu, jika sampai hari ini kita masih sering terburu-buru, ini waktu yang tepat untuk mulai berubah. Aturlah waktu dengan lebih baik sehingga kita tak harus buru-buru dalam melakukan segala sesuatu, terlebih ketika kita harus mengambil keputusan penting. Jika orang tergesa-gesa berpotensi salah langkah, sebaliknya mereka yang mampu meminimalkan hal tersebut berpotensi melangkah dengan tepat. Mana yang Anda pilih?

—GHJ/www.renunganharian.net


KEBIASAAN TERBURU-BURU DAPAT MEMBUAT KITA
MELEWATKAN HAL YANG PENTING DAN BERNILAI


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: