ORANG MISKIN

1 2 3 4 5 Rating 4.59 (29 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Kisah Pr. Rasul 6:1-7

Kedua belas rasul itu memanggil semua murid berkumpul dan berkata, “Tidak baik jika kami melalaikan Firman Allah untuk melayani meja.” (Kisah Pr. Rasul 6:2)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Roma 14-16



Hukum Taurat melindungi orang miskin dengan ketetapan-ketetapan (Kel. 23:11). Tuhan sering menampilkan diri-Nya sebagai pembela orang miskin. Yesus pun banyak memberikan perhatian kepada orang miskin. Para murid di gereja mula-mula juga memberikan perhatian khusus pada orang miskin. Cara hidup mereka adalah tindakan meniadakan kemiskinan dengan kepemilikan bersama. Mereka berpendapat bahwa mengabaikan orang miskin dalam jemaat berarti melalaikan firman Allah. Paulus dalam perjalanan misinya berkali-kali meminta jemaat-jemaatnya mendukung pengumpulan dana bagi mereka yang miskin, khususnya jemaat di Yerusalem. Jelas bahwa Alkitab mengajarkan keramahtamahan dan perhatian kepada orang miskin. 

Kristus berkata, “Orang miskin selalu ada padamu.” Ia ada dalam gereja dan masyarakat kita. Apakah permasalahan mereka adalah permasalahan kita juga? Kenyataannya tidak selalu demikian. Kadang-kadang kita justru terjebak memberikan perhatian kepada mereka yang kaya dengan harapan memperoleh keuntungan pribadi, seperti kehormatan dan gengsi. Hal yang kontras pula, banyak gereja megah di antara orang-orang miskin. Tak mengherankan jika ada seruan agar gereja berhenti membangun gedung-gedung yang megah di tengah-tengah lingkungan yang miskin. 

Membicarakan firman Allah tentang orang miskin belumlah cukup. Ia harus nyata dalam tindakan kita. Dengan demikian firman Allah akan semakin tersebar dan jumlah orang percaya akan semakin bertambah.

—PRB/www.renunganharian.net


JIKA ALLAH BEGITU PEDULI PADA ORANG MISKIN, BAHKAN MEMBELANYA,
AKANKAH KITA MENGABAIKAN HAL ITU?


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons:


Renungan via YouTube Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.