Sudah terbit: Volume 57!
Sudah terbit: Volume 33!

BERHALA MODERN

1 2 3 4 5 Rating 4.50 (32 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Ulangan 4:15-29

“… supaya jangan kamu berlaku busuk dengan membuat bagimu patung yang menyerupai berhala apa pun....” (Ulangan 4:16)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Yeremia 51-52



Di dalam Alkitab, berkali-kali Tuhan memperingatkan bangsa Israel agar tidak membuat patung berhala yang menyerupai apa pun. Kita mungkin berpikir, “Peringatan tersebut jelas bukan untukku! Bukankah tidak ada satu pun patung berhala di rumahku?” Tunggu dulu! Pada kenyataannya, keberadaan berhala di masa kini justru lebih beragam daripada di zaman bangsa Israel. 

Berhala adalah segala sesuatu yang: 1) Menyesatkan, dan 2) Membuat kita melupakan Allah (ay. 19,23). Sadar atau tidak, dunia kini dipenuhi berbagai berhala modern. Keberadaannya bukan lagi berupa patung berbentuk manusia maupun hewan tetapi lebih kepada hal yang memikat hati kita lebih dari Tuhan, misalnya: pekerjaan atau hobi. Jika kita terus bekerja tanpa punya waktu untuk berdoa, itu artinya pekerjaan kitalah berhalanya. Jika kita lebih suka melakukan hobi daripada pergi ke gereja, hobi sudah menjadi berhala kita. Bahkan pelayanan sekalipun dapat menjadi berhala apabila ketika kita melayani, kita mengabaikan waktu untuk bersekutu secara pribadi dengan Tuhan. 

Tuhan tidak berkenan terhadap keberadaan setiap berhala. Itulah sebabnya, Dia tidak segan menghukum umat-Nya ketika mereka berlaku tidak setia (ay. 25-27). Saat ini, mari mengoreksi kehidupan kita masing-masing. Perhatikan setiap hal yang berpotensi menjauhkan diri kita dari Tuhan. Dan jika kita menemukan berhala dalam kehidupan kita, singkirkan sekarang juga agar keberadaannya tidak membuat kita kehilangan berkat Allah!

—LIN/www.renunganharian.net


DENGAN MENYINGKIRKAN SETIAP BERHALA DALAM KEHIDUPAN KITA,
ITU ARTINYA KITA HIDUP TIDAK MENDUA HATI DI HADAPAN TUHAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: