DIBENARKAN OLEH IMAN

1 2 3 4 5 Rating 4.82 (28 Votes)

Baca: Roma 5:1-11

Sebab itu, kita yang dibenarkan berdasarkan iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah melalui Tuhan kita, Yesus Kristus. (Roma 5:1)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Yesaya 5-9



Prinsip pembenaran oleh iman adalah prinsip keselamatan di dalam Alkitab. Ini bukan pengajaran Perjanjian Baru atau Paulus semata. Prinsip ini juga berlaku pada masa Perjanjian Lama. Seseorang dibenarkan bukan karena melakukan Taurat melainkan karena percaya kepada Allah (Hab. 2:4). 

Orang yang dibenarkan oleh iman tidak lagi merasa khawatir akan kehilangan keselamatan. Ketidakberdayaan karena dibelenggu dosa dan ada di bawah bayang-bayang murka Allah, oleh kasih karunia Kristus diubah menjadi kedamaian. Orang yang dibenarkan oleh iman memiliki pengharapan bahwa satu hari kelak hidupnya akan dipermuliakan oleh kemuliaan Allah. Pemahaman ini menggugah orang untuk berani menghadapi penderitaan. Melalui penderitaan, imannya itu justru semakin teguh dan teruji. Semakin imannya teruji, semakin bertambah teguh pengharapannya pada janji Tuhan. 

Orang yang dibenarkan oleh iman, tidak mungkin menjadi sombong. Ia bermegah di dalam Kristus sebagai sumber damai sejahteranya. 

Jadi, bagaimana mengalami damai sejahtera sejati? Stop berpikir dan berusaha mendapatkan damai sejahtera dengan berbuat baik sebanyak-banyaknya supaya mendapatkan pembenaran. Akui ketidakberdayaan kita dan minta pertolongan dan belas kasih kepada Allah di dalam Kristus. Lalu, lakukan perbuatan baik dan pelayanan sebanyak-banyaknya sebagai ucapan syukur. Juga, siaplah menghadapi penderitaan karena kita sudah menerima anugerah pembenaran oleh iman.

—ENO/www.renunganharian.net


MANUSIA YANG BERDOSA TIDAK MUNGKIN
MENCAPAI KEBENARAN DENGAN BERBUAT BAIK


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.