ROHANI YANG DEWASA

1 2 3 4 5 Rating 4.78 (23 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Kejadian 13:1-18

Lalu Lot melayangkan pandangnya dan dilihatnyalah, bahwa seluruh Lembah Yordan banyak airnya, seperti taman TUHAN, seperti tanah Mesir, sampai ke Zoar.—Hal itu terjadi sebelum TUHAN memusnahkan Sodom dan Gomora. (Kejadian 13:10)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Amsal 11-14



Saat masih SD dan diajak membeli T-shirt di swalayan, saya tertarik pada kaos bergambar RoboCop. Saya merengek minta dibelikan, tapi ibu menolak karena, menurutnya, kainnya tipis sekali sehingga pasti mudah robek. Saya tetap merengek. Akhirnya ibu membelikan. Benar saja, baru dipakai beberapa kali, kaos itu sudah robek, tak bisa dipakai lagi. 

Hal serupa berlaku dalam kehidupan rohani. Saat kerohanian kita masih anak-anak, kita menilai segala sesuatu hanya dari apa yang kita lihat. Saat kerohanian kita bertambah dewasa, kita menilai dan menimbang segala sesuatu dengan hikmat Tuhan dan mengukur dari kualitasnya. Lot, yang kualitas rohaninya masih kanak-kanak, melihat bahwa seluruh Lembah Yordan banyak airnya, seperti Taman Tuhan. Jelas ini sangat menguntungkan dirinya sebagai pengusaha ternak. Lot tidak memperhitungkan di dekat tempat itu ada kota Sodom, yang orang-orangnya sangat jahat dan berdosa kepada Tuhan. Abram yang dewasa secara rohani menetap di Kanaan. Abram akhirnya bukan hanya mendapatkan tempat yang bisa memenuhi kebutuhan ternaknya, tapi seluruh negeri yang dilihatnya kelak menjadi miliknya dan keturunannya (ay. 15). 

Kalau kita masih menilai segala sesuatu hanya berdasarkan apa yang kelihatan, hanya dari sisi kenyamanan, kita belum dewasa secara rohani. Marilah kita menundukkan diri kepada Tuhan, mau dibimbing oleh Roh Kudus, sehingga kerohanian kita dewasa dan bisa menilai segala sesuatu bukan hanya dari luar, melainkan juga dari kualitasnya.

—RTG/www.renunganharian.net


SAAT KITA DEWASA ROHANI, KITA MENILAI SEGALA
SESUATU DENGAN BIMBINGAN ROH KUDUS


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: