Sudah terbit: Volume 47!
Sudah terbit: Volume 30!

UBAHLAH DIA

1 2 3 4 5 Rating 4.58 (31 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Lukas 6:27-36

“Sebagaimana kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah juga demikian kepada mereka.” (Lukas 6:31)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Yosua 11-13



Dalam berhubungan dengan seseorang kadang kita berkata, “Tuhan, tolong ubahlah dia,” “Tuhan, tolong jamah pikirannya agar dia sadar akan kedegilannya,” “Tuhan, bantu orang ini agar mau memperbaiki diri.” Meski terkesan memikirkan orang lain, penyataan itu egois. Kita menuntut orang lain berubah, tetapi apakah kita sendiri mau berubah? 

Kita perlu berubah menjadi pribadi yang lebih baik dan bisa memahami cara pikir orang lain. “Sebagaimana kamu kehendaki orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian kepada mereka,” kata Yesus. Ingin orang yang membenci kita berdamai dengan kita, kitalah yang harus berubah lebih dahulu dengan berbuat baik kepadanya dan menganggapnya teman. Ingin orang lain mengerti perasaan kita, kita harus lebih dahulu mengerti perasaan orang lain. Jangan berpikir: orang lain yang tindakannya buruk, mengapa kita yang harus berubah? Ini bukan membenarkan tindakan negatif orang lain dan meniadakan tindakan positif kita. Kita perlu memahami cara pandangnya. Mungkin orang itu tidak mau berubah, tetapi kita berubah menjadi lebih sabar atau lebih bisa menguasai diri. 

Kita ingin orang lain berubah jadi lebih baik, dan kita mendoakan orang itu. Itu sangat baik. Di sisi lain, kita pun harus berubah semakin dewasa secara rohani dan semakin serupa dengan Kristus. Kita menyenangkan hati Tuhan dengan terus bertumbuh dan berubah seiring dengan bertambahnya usia kekristenan. Kiranya orang yang kita doakan pun berubah karena merasakan perubahan hidup kita.

—RTG/www.renunganharian.net


PERUBAHAN HIDUP ORANG LAIN HARUS DIBARENGI
DENGAN PERUBAHAN HIDUP DIRI SENDIRI


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: