Sudah terbit: Volume 51!
Sudah terbit: Volume 33!

KAYA SECARA HATI

1 2 3 4 5 Rating 4.42 (24 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Roma 14:13-23

Sebab itu marilah kita mengejar apa yang mendatangkan damai sejahtera dan yang berguna untuk saling membangun. (Roma 14:19)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Keluaran 11-13



Bagi orang dunia, berkat diartikan sebagai uang, kekayaan, materi, kekuasaan, dan keinginan yang terpuaskan. Punya banyak uang—diberkati. Kekurangan uang—tidak diberkati. Sebuah cara pandang yang sempit. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, berkat adalah pemberian Tuhan untuk mendatangkan kebaikan bagi manusia. Tuhan tahu kapasitas setiap orang. Sehingga, meskipun berkat setiap orang berbeda-beda, berkat itu sebetulnya cukup jika dikelola dengan bijak. 

Firman Tuhan menunjukkan bahwa berkat rohani itu lebih penting daripada uang, makanan, jabatan, atau harta. Tuhan mau kita mengejar apa yang mendatangkan damai sejahtera dan yang berguna untuk saling membangun. Jika kita mengutamakan hal yang rohani, kita akan dimampukan untuk menyikapi hal-hal duniawi secara tepat. Ketika kita mengenal kebenaran Allah, bersekutu erat dengan Dia, kita akan mengetahui panggilan hidup kita. Kita akan menggunakan berkat Tuhan bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk menolong dan membangun kehidupan orang lain. Hal inilah yang mendatangkan sukacita dan damai sejahtera. Kita menggunakan kekayaan untuk memuliakan nama Tuhan dengan melakukan hal-hal yang berguna untuk saling membangun. 

Kekayaan hanyalah salah satu alat Tuhan untuk melengkapi kebahagiaan hidup. Namun, hidup kita tidak bergantung pada kekayaan itu, melainkan bergantung pada Tuhan. Kita perlu belajar mengutamakan hal-hal yang rohani, seperti kebenaran, damai sejahtera, dan sukacita oleh Roh Kudus.

—RTG/www.renunganharian.net


JIKA KITA MENGUTAMAKAN HAL ROHANI,
KITA AKAN MAMPU MENYIKAPI HAL-HAL DUNIAWI DENGAN BIJAKSANA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: