MISTERI ILAHI

1 2 3 4 5 Rating 4.38 (26 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Yesaya 45:1-8

Akulah TUHAN dan tidak ada yang lain; kecuali Aku tidak ada Allah. Aku telah mempersenjatai engkau, sekalipun engkau tidak mengenal Aku. (Yesaya 45:5)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Yehezkiel 37-39



Di dalam kehidupan ini, banyak hal yang tidak masuk akal. Kita dibuat terheran-heran: Kenapa hal itu terjadi? Kenapa dia yang dipakai Tuhan untuk menyatakan kehendak-Nya? Mengapa kejadian itu menimpa dia? Dan sejuta tanda tanya lain ada di benak kita. Kadang kita hanya mengatakan itu misteri Ilahi. Mari kita belajar dari bacaan kita untuk menyingkap misteri kehidupan ini.

Sangat mengejutkan! Tak masuk di akal. Koresh, raja Persia, bangsa penyembah berhala, yang tidak mengenal Allah Israel dipakai Tuhan untuk menyelamatkan umat-Nya. Tuhan sendiri yang memanggil, mengurapi, dan memimpin Koresh untuk menaklukkan raja-raja dunia. Tuhan sendiri yang memastikan keberhasilan Koresh. Padahal pengurapan dalam Perjanjian Lama ialah penugasan Tuhan kepada orang pilihan-Nya dari umat-Nya untuk jabatan tertentu! Hal ini menunjukkan bahwa Tuhan berdaulat dan berkuasa untuk memakai siapa saja. Sepasti kekuasaan-Nya atas terang dan gelap, atas kemujuran dan malapetaka dan atas seluruh alam semesta ini sedemikian pula kekuasaan-Nya atas Koresh. 

Koresh adalah alat di tangan Tuhan, yang dipakai untuk kebesaran dan kemuliaan-Nya. Memang kadang akal kita membatasi kehendak Tuhan. Apa yang bagi kita tidak masuk akal, Allah sanggup melakukannya. Jika kita lihat apa yang Tuhan nyatakan pada hari ini, maka kita akan belajar bahwa Tuhan bisa menggunakan siapa saja walaupun itu orang yang tidak seiman, bahkan mungkin musuh kita untuk menyatakan kehendak-Nya. Kenapa hal itu bisa terjadi? Karena Dia Tuhan!

—ENO/www.renunganharian.net


SUPAYA ORANG TAHU ..., BAHWA TIDAK ADA YANG LAIN DI LUAR AKU.
AKULAH TUHAN DAN TIDAK ADA YANG LAIN.—Yesaya 45:6


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: