Sudah terbit: Volume 42!
Sudah terbit: Volume 25!

BERKEMBANG MENJADI BESAR

1 2 3 4 5 Rating 4.44 (18 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Matius 13:31-35

“Memang biji itu yang paling kecil dari segala jenis benih, tetapi apabila sudah tumbuh, sesawi itu lebih besar daripada sayuran yang lain, bahkan menjadi pohon, sehingga burung-burung di udara datang bersarang pada cabang-cabangnya.” (Matius 13:32)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Yehezkiel 10-13



Saat beribadah di gereja salah satu sahabat, saya senang mendapati jemaatnya bertambah. Selesai ibadah, sahabat saya bercerita jemaat bisa bertambah karena satu tindakan kecil yang dilakukannya, yaitu mengobrol dengan seorang bapak saat mereka makan di warteg. Dari obrolan itulah, terjalin hubungan. Bapak ini mau belajar Alkitab dan dibaptis. Setelah menjadi Kristen, keluarganya melihat ada banyak perubahan positif terjadi dalam hidupnya, dan mereka pun turut belajar Alkitab dan dimenangkan. Ada tujuh orang dari keluarganya yang dimenangkan. 

Kerajaan Allah itu seperti biji sesawi yang ditanam seorang petani di ladangnya. Biji ini adalah biji terkecil, namun biji sesawi bisa tumbuh menjadi semak-semak yang begitu besar, sehingga tampak seperti pohon. Kalau sesawi sudah tinggi, burung-burung mengira bahwa semak ini adalah pohon dan mereka bertengger di dahan-dahannya. Dari perumpamaan ini, Yesus mengajarkan kepada kita bahwa pekerjaan Allah mungkin kecil pada awalnya, tapi kelak dapat berkembang menjadi besar. 

Menyapa orang dengan ramah, menolong seseorang yang terjatuh di jalan, membawakan barang-barang seseorang yang kepayahan saat membawanya sendirian, atau menunjukkan arah jalan dengan benar adalah beberapa tindakan kecil namun dampaknya besar. Jangan pernah menganggap remeh tindakan sekecil apa pun yang mampu kita kerjakan. Seperti halnya biji sesawi, tindakan kecil itu, oleh kedaulatan Allah, dapat mendatangkan dampak yang besar bagi Kerajaan Allah.

—RTG/www.renunganharian.net


PEKERJAAN ALLAH MUNGKIN KECIL PADA AWALNYA,
TETAPI KELAK DAPAT BERKEMBANG BESAR


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: