Sudah terbit: Volume 47!
Sudah terbit: Volume 30!

MELAWAN LUPA

1 2 3 4 5 Rating 4.29 (24 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Ulangan 4:1-40

“Tetapi waspadalah dan berhati-hatilah, supaya jangan engkau melupakan hal-hal yang dilihat oleh matamu sendiri itu, dan supaya jangan semuanya itu hilang dari ingatanmu seumur hidupmu.” (Ulangan 4:9)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Yeremia 49-50



Saya sering menghadapi masalah karena lupa. Suatu ketika seorang teman meminta tolong untuk menjemput anaknya saat pulang sekolah karena ia tengah ke luar kota. Dengan mudah, saya menyanggupinya. Masalah terjadi ketika sudah pukul 15.15 WIB, saya baru menyadari kalau saya lupa. Itu berarti dia sudah menunggu saya lebih dari satu jam di sekolahnya. Saya meminta maaf kepada teman saya. Sejak saat itu, saya selalu menuliskan catatan di handphone dan agenda saya supaya kejadian serupa tidak terulang. 

Sama seperti manusia pada umumnya, orang Israel juga rawan terhadap “penyakit” lupa. Oleh karenanya, Musa menasihati dan meminta bangsa Israel untuk: Pertama, mengingat Tuhan yang selalu menjawab setiap seruan orang Israel (ay. 7). Kedua, mengingat ketetapan dan Kesepuluh Perintah Allah (ay. 8, 13-15). Ketiga, mengingat pembebasan Israel dari perbudakan di Mesir yang Tuhan lakukan (ay. 20). Keempat, mengingat perbuatan-perbuatan ajaib yang Tuhan telah lakukan bagi bangsa Israel (ay. 34). Itulah alasan mengapa Musa meminta mereka untuk melawan lupa (ay. 9, 23). 

Jika bangsa besar seperti Israel yang telah melihat secara langsung kasih, mujizat, dan perbuatan-perbuatan ajaib yang telah Tuhan lakukan bagi mereka masih saja memiliki potensi untuk melupakan Tuhan, bagaimana dengan kita? Sama seperti saya mengatasi masalah lupa dengan menuliskan catatan, begitu pula kita harus menuliskan segala kebaikan, anugerah, dan perkara ajaib yang selama ini Tuhan lakukan di dalam pikiran, hati, dan jiwa kita.

—SPP/www.renunganharian.net


INGATLAH SETIAP PERBUATAN BESAR YANG DIA
KERJAKAN DALAM HIDUP KITA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: