SURAT YANG TAHAN LAMA

1 2 3 4 5 Rating 4.71 (21 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: 2 Korintus 3:1-5

Kamulah surat pujian kami yang tertulis dalam hati kami, yang dikenal dan dapat dibaca oleh semua orang. (2 Korintus 3:2)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Yeremia 4-6



Saat bersih-bersih rumah, saya menemukan surat yang dikirim oleh teman SMP sekitar sepuluh tahun sebelumnya. Saya terkejut melihat bahwa kertas surat tersebut masih dalam kondisi baik. Tulisan dalam surat itu pun masih belum berubah warna, kabur, atau luntur karena berlalunya waktu. Saya pun segera larut dalam kenangan masa lalu bersama si pengirim surat ketika kami masih menempuh pendidikan di sekolah yang sama. 

Ketika mengamati kondisi surat tersebut, saya teringat dengan pernyataan Paulus mengenai kehidupan umat Tuhan yang disamakan dengan sebuah surat. Bagi Paulus, umat Tuhan yang sangat dikasihinya itu ibarat surat pujian yang tertulis dalam hati, dikenal, dan dibaca oleh semua orang. Tentu Paulus tidak berharap umat Tuhan menampilkan isi surat yang negatif, sehingga memperburuk pandangan orang lain tentang Kristus. Melalui sikap, perkataan, maupun tindakan dalam kehidupan sehari-hari, Paulus menghendaki agar kehidupan umat Tuhan menampilkan “isi surat” yang dapat menjadi berkat dan pujian yang positif, supaya orang lain tertarik untuk mengenal Pribadi Kristus. 

Memang tidak mudah menjalani hidup secara konsisten untuk menjadi berkat dan kesaksian bagi sekeliling kita. Itulah sebabnya, kita memerlukan anugerah Tuhan supaya kita dimampukan untuk konsisten menampilkan kehidupan yang mencerminkan Kristus dalam keseharian kita. Kiranya kita dimampukan untuk menjadi surat terbuka yang “tahan lama”, dengan harapan agar melalui teladan hidup kita, orang-orang tertarik untuk mengenal Dia.

—GHJ/www.renunganharian.net


SURAT SEBAGUS APA PUN,
TETAPI ISINYA TIDAK BISA DIBACA AKAN PERCUMA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: