TERNYATA ADA MAUNYA

1 2 3 4 5 Rating 4.63 (16 Votes)

Baca: Yosua 24:1-14

Oleh sebab itu, takutlah akan TUHAN dan beribadahlah kepada-Nya dengan tulus ikhlas dan setia. (Yosua 24:14)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Mazmur 119



Seorang anak yang biasanya malas membantu orangtua tiba-tiba menjadi sangat rajin. Ia membantu ibunya mencuci piring setelah makan, memberi pijatan di pundak ayahnya, menyapu lantai, dan membereskan barang-barang yang berantakan di rumah. Kedua orangtuanya heran, sekaligus kegirangan. Malam harinya, si anak menemui kedua orangtuanya dan meminta uang jajan tambahan karena ada mainan baru yang ingin dia beli. Duh, ternyata ada maunya! 

Bukankah kadang kita seperti anak kecil itu? Kita rajin berdoa, membaca Alkitab, datang ke gereja, ikut persekutuan, ikut pelayanan ini-itu, ikut perkunjungan, tetapi sebenarnya kita melakukannya karena mengharapkan berkat dari Tuhan. Kita bukan melakukannya dengan tulus hati, melainkan mengharapkan suatu keuntungan pribadi dari ibadah tersebut. 

Pada akhir hidupnya, Yosua memberikan pesan yang sangat penting kepada bangsa Israel untuk beribadah kepada Tuhan dengan tulus dan ikhlas. Sebelum mengucapkan hal ini, Yosua terlebih dahulu menceritakan tentang karya dan kasih Tuhan yang luar biasa, dimulai dari masa Abraham, Ishak, Yakub, Musa hingga bangsa Israel mendiami tanah perjanjian. Yosua menceritakan semua itu karena ia ingin bangsa Israel beribadah kepada Tuhan bukan karena suatu pamrih, melainkan karena bersyukur atas kasih Tuhan yang begitu luar biasa dalam kehidupan mereka. 

Pesan kepada bangsa Israel ini juga berlaku bagi kita. Kiranya kita beribadah sebagai ungkapan syukur atas kebaikan Tuhan dan untuk memberkati sesama.

—NBT/www.renunganharian.net


IBADAH YANG TULUS IKHLAS DILANDASI OLEH KESADARAN
AKAN KEBAIKAN TUHAN DAN KERINDUAN UNTUK MEMBERKATI SESAMA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.