Sudah terbit: Volume 57!
Sudah terbit: Volume 33!

TAKUT AKAN TUHAN

1 2 3 4 5 Rating 4.63 (19 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: 2 Korintus 5:11-16

Kami tahu apa artinya takut akan Tuhan, karena itu kami berusaha meyakinkan orang ... (2 Korintus 5:11)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Hakim-hakim 18-19



Ungkapan “takut akan Tuhan” menjadi salah satu ungkapan yang paling banyak disebut, diajarkan, ditulis, dan dikhotbahkan di kalangan orang Kristen. Topik yang sama juga banyak disebut dalam Alkitab sejak Perjanjian Lama karena Allah menginginkan setiap manusia, tidak hanya umat-Nya, menjalani kehidupan ini dengan takut akan Dia. Perkara yang sama disampaikan oleh Rasul Paulus dan Timotius ketika menulis surat yang kedua kepada umat Tuhan yang ada di Korintus. 

Kami tahu apa artinya takut akan Tuhan. Rasul Paulus mengungkapkan hal ini setelah ia menerangkan mengenai pengadilan Kristus yang akan dialami oleh orang-orang percaya. Pengadilan yang akan menilai semua perbuatan semasa hidup seseorang, baik maupun jahat (ay. 10). Nah, ketika seseorang berkata bahwa ia takut akan Allah, aplikasi praktisnya adalah orang tersebut akan berhati-hati dalam menjalani hidupnya. Ia akan merasa segan untuk melakukan dosa karena rasa hormat kepada Allah, sekaligus karena menghargai pengorbanan Kristus. Rasa takut akan Allah juga akan mendorong umat Allah untuk bergegas menghampiri Tuhan, mengakui dosa-dosanya, memohon ampun, serta meminta pertolongan-Nya supaya kita dimampukan untuk menjalani hidup benar. 

Kesadaran atas hal ini akan membuat seseorang berhati-hati menjalani hidupnya, karena suatu saat nanti, ia akan berdiri di hadapan Sang Hakim yang menilai seluruh hidupnya. Penghakiman ilahi yang menakutkan bagi orang berdosa, tetapi menentramkan hati bagi mereka yang telah dibenarkan melalui karya salib Kristus. Kiranya kita dimampukan untuk menjalani hidup ini dengan kadar takut akan Allah yang semakin tinggi. —GHJ

TAKUT AKAN TUHAN BERAWAL DARI HATI
YANG MENGASIHI DAN HORMAT AKAN DIA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: