Sudah terbit: Volume 38!
Sudah terbit: Volume 20!

ANAK-ANAK ABRAHAM

1 2 3 4 5 Rating 4.24 (21 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Lukas 3:7-14

Janganlah berpikir dalam hatimu: Abraham adalah bapak leluhur kami! Karena aku berkata kepadamu: Allah dapat menjadikan anak-anak bagi Abraham dari batu-batu ini! (Lukas 3:8)


Bacaan Alkitab Setahun: 
2 Petrus 1-3



Abraham dikenal sebagai bapak orang beriman. Ia memiliki ketaatan yang tidak kepalang tanggung kepada Allah. Ketika dipanggil keluar dari Ur-Kasdim ke negeri yang tidak diketahuinya, ia taat. Ketika disuruh mempersembahkan Ishak, anak yang sangat dikasihinya, ia taat. Abraham beriman kepada Allah, dan imannya itu dinyatakan dalam ketaatan. 

Kita sebagai orang percaya juga mendapat gelar anak-anak Abraham. Berarti kita juga ahli warisnya. Artinya, berhak mendapatkan janji-janji Allah yang diberikan kepadanya. Tetapi, benarkah kita menunjukkan bahwa kita adalah anak Abraham? Seorang anak Abraham menunjukkan hak warisnya dalam perbuatan yang selaras dengan firman Tuhan. Ia berbagi kepada mereka yang tidak punya. Jujur dan adil dalam melakukan tugas-tugasnya. Tidak memeras atau mengambil yang bukan haknya, tetapi mencukupkan diri dengan apa yang dimilikinya. Menjadi anak Abraham berarti mewarisi perbuatan iman Abraham. 

Kenyataannya kita tidak selalu demikian. Kadang-kadang kita bangga dengan gelar kita sebagai orang beriman–anak Allah— tetapi tidak terlihat dalam tindakan dan ketaatan kita. Kita bergelar anak Allah, tetapi perilaku kita acapkali menunjukkan yang sebaliknya. Kita membenci, menyakiti, menghina, memfitnah, khawatir, memeras, mengambil yang bukan hak kita, dan sebagainya. 

Kalau kita adalah anak Abraham, teladanilah dia. Kalau kita adalah anak Allah, tunjukkanlah dalam sikap, perilaku, dan ketaatan kita. —PRB

ANAK-ANAK ABRAHAM MEWARISI IMAN ABRAHAM;
ANAK-ANAK ALLAH MEWARISI KASIH ALLAH


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: