DEWASA ROHANI

1 2 3 4 5 Rating 4.52 (23 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Efesus 4:17-32

Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu. (Efesus 4:32)


Bacaan Alkitab Setahun:
Yosua 14-16



Mengukur kedewasaan fisik lebih mudah ketimbang mengukur kedewasaan rohani seseorang. Dari usia, bentuk tubuh, dan caranya berbicara saja mungkin kita bisa menilai kedewasaan seseorang. Tetapi cara-cara seperti itu tidak berlaku untuk menilai kedewasaan rohani. Lamanya seseorang menjadi pengikut Tuhan, kefasihannya dalam berdoa panjang-panjang, kesibukannya dalam mengikuti kegiatan pelayanan, bahkan kemurahan hatinya dalam memberi bantuan bukanlah ukuran yang tepat. Mengapa?Bisa jadi ia melakukan semua itu demi mengejar ambisi pribadi, pujian, atau mengurangi rasa bersalah. 

Lalu, bagaimana menilai kedewasaan rohani? Salah satunya: kemampuan mengampuni kesalahan orang lain dengan tulus. Ketika Anda dan saya diperlakukan tidak adil oleh seseorang, difitnah, atau diserang dengan perkataan yang menyakitkan hati, apakah kita mau memaafkannya? Yesus Kristus mengampuni dosa manusia yang memusuhi-Nya. Ketika kita mengingat betapa hebatnya kasih Kristus ini dan bagaimana Dia mengampuni segala kesalahan kita, Dia juga memampukan kita mengampuni kesalahan orang lain.

Kristus menunjukkan kedewasaan rohani dalam tindakan-Nya yang tulus, mengasihi sesama tanpa membeda-bedakan, dan mau mengampuni kesalahan orang. Sejauh mana kita telah bertumbuh dewasa secara rohani? Apakah kita rindu untuk menyatakan kasih dan pengampunan Kristus kepada sesama yang bersalah kepada kita? Dengan mengingat kasih dan pengampunan Kritus, kita dapat belajar untuk mengampuni orang lain.—SYS

KEDEWASAAN ROHANI ITU BUKAN DARI LAMANYA MENJADI MURID,
MELAINKAN DARI KERELAAN MENGASIHI MENURUT TELADAN-NYA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons:


Renungan via YouTube Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.