BERPURA-PURA

1 2 3 4 5 Rating 4.29 (21 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Kejadian 27:1-40

Lalu datanglah Yakub dekat-dekat dan diciumnyalah ayahnya. Ketika Ishak mencium bau pakaian Yakub, diberkatinyalah dia, katanya: “Sesungguhnya bau anakku adalah sebagai bau padang yang diberkati TUHAN.” (Kejadian 27:27)


Bacaan Alkitab Setahun:
Keluaran 38-39



Seorang wanita memesan tiket pesawat untuk dirinya dan anaknya. Petugas penjual tiket, yang mengenal baik wanita ini, menganjurkannya membeli satu tiket saja. Menurutnya, si anak berbadan mungil sehingga tidak akan ketahuan jika umurnya di atas 3 tahun. Sesaat wanita itu mempertimbangkan anjuran ini sambil membayangkan uang yang bisa dihemat. Akhirnya, ia memutuskan untuk tetap membeli dua tiket sesuai dengan peraturan penerbangan.

Peristiwa tersebut mengingatkan saya pada Ribka, yang menyuruh Yakub berpura-pura menjadi Esau demi mendapatkan berkat anak sulung. Dan, Yakub menuruti perintah ibunya. Ia mengambil kambing untuk diolah ibunya menjadi makanan yang enak (ay. 14). Ia memakai pakaian kepunyaan Esau (ay. 15). Ia berpura-pura menjadi Esau dan menyediakan makanan dan minuman untuk ayahnya (ay. 25). Tepat seperti yang direncanakan, Ishak yang sudah tidak bisa melihat itu tertipu lalu memberikan berkat anak sulung kepada Yakub (ay. 28 dan 29). Namun, Yakub nantinya harus membayar mahal perbuatannya itu dengan menjadi pelarian selama bertahun-tahun.

Berpura-pura dan bersikap tidak jujur memang bisa mendatangkan keuntunganuang, kedudukan, atau ketenaran. Mungkin orang lain juga tidak akan mengetahui ketidakjujuran itu. Tetapi, Dia yang Maha Melihat itu mengetahuinya dengan jelas. Apakah hati nurani kita bisa tenang? Sanggupkah kita hidup dengan dikejar-kejar perasaan bersalah?—NNK

KATAKAN YA, JIKA YA. KATAKAN TIDAK, JIKA TIDAK.
TIDAK PERLU BERPURA-PURA.


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons:


Renungan via YouTube Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.