Sudah terbit: Volume 57!
Sudah terbit: Volume 33!

DI MARA DAN ELIM

1 2 3 4 5 Rating 3.85 (27 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Keluaran 15:22-27

Sesudah itu sampailah mereka di Elim; di sana ada dua belas mata air dan tujuh puluh pohon korma, lalu berkemahlah mereka di sana di tepi air itu. (Keluaran 15:27)


Bacaan Alkitab Setahun:
Markus 4-5



Perjalanan bangsa Israel dari Mesir menuju Kanaan sering dikatakan sebagai gambaran perjalanan hidup orang percaya. Seperti bangsa Israel yang harus melewati Mara, kita juga berhadapan dengan hal-hal yang bisa jadi memahitkan hati. Kita jadi bertanya-tanya, “Kenapa harus ada ‘Mara’?”

Ya, kenapa harus ada Mara? Ayat 25 memberikan jawabannya, yaitu karena di sanalah Tuhan mengajarkan berbagai ketetapan dan peraturan-Nya. Jawaban ini ditegaskan pula oleh Daud, yang menyatakan: “bahwa aku tertindas itu baik bagiku, supaya aku belajar ketetapan-ketetapanMu (Mazmur 119:71). Sejujurnya, saat berhadapan dengan masalah kita biasanya lebih serius mencari Tuhan dibandingkan saat keadaan semuanya berjalan lancar. Itulah sebabnya Tuhan tidak jarang bekerja melalui persoalan hidup untuk mengajar kita lebih mengenal Kristus secara pribadi.

Menarik bagi saya bahwa peristiwa Mara dan Elim dicatat dalam satu peringkop yang sama. Kebetulan? Menurut pemahaman saya, hal ini bukanlah kebetulan, melainkan memuat suatu janji Tuhan: bahwa di balik Mara, Dia menyediakan Elim. Seperti apakah Elim? “Di sana ada 12 mata air dan 70 pohon korma” (ay. 27). Tuhan tidak akan membiarkan kita terus terpuruk dalam kepahitan; sebaliknya, Dia menuntun kita untuk meraih berkat yang sudah Dia sediakan.

Apakah saat ini Anda sedang berada di “Mara”? Marilah menguatkan dan meneguhkan hati untuk berjalan terus. Yesus pasti menyertai kita menuju “Elim”.SYO

DI TENGAH PENGALAMAN PAHIT PUN, TUHAN TURUT BEKERJA
UNTUK MENDATANGKAN BERKAT KEBAIKAN BAGI KITA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: