Sudah terbit: Volume 57!
Sudah terbit: Volume 33!

JENIS MAKANAN BARU

1 2 3 4 5 Rating 4.40 (25 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Yohanes 4:1-42

Kata Yesus kepada mereka, "Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan-Nya.” (Yohanes 4:34)


Bacaan Alkitab Setahun:
Matius 25-26



Memahami perkataan dalam pengajaran Yesus memang gampang-gampang susah. Ada kalanya kita dapat begitu mudah memahami perkataan atau pengajaran-Nya, tetapi pada kesempatan lain kita akan dibuat mengernyitkan dahi hanya untuk memahami satu atau dua kalimat yang Dia sampaikan. Salah satunya ada dalam nats hari ini.

Untuk dapat memahami konteks renungan hari ini, kita perlu mencermati beberapa ayat kunci (ay. 8, 31-34). Ketika Yesus bercakap-cakap dengan wanita Samaria, murid-murid sedang ke luar kota. Ketika mereka kembali sambil membawa makanan, mereka lalu meminta agar Yesus makan. “Pada-Ku ada makanan yang kamu tidak kenal,” jawab Yesus. Jawaban yang mengejutkan sehingga para murid menyangka ada yang memberi Yesus makan selagi mereka pergi (ay. 33). Yesus lalu menjelaskan jenis “makanan” yang Dia maksudkan, yakni berkaitan dengan melakukan kehendak dan menyelesaikan pekerjaan Bapa. Hari itu kepada para murid, Yesus memperkenalkan jenis “makanan” yang selama ini belum mereka kenal.

Makanan berkaitan dengan rasa kenyang dan puas. Jika dikaitkan dengan perkataan Yesus di atas, berarti seseorang yang melakukan kehendak dan menyelesaikan pekerjaan Tuhan dapat merasa kenyang dan puas sekalipun secara fisik ia belum makan. Apakah kita pernah merasakan jenis “makanan” ini? Jika belum, kita bisa memulainya sesegera mungkin. Belajarlah melakukan kehendak-Nya dan menyelesaikan pekerjaan yang sedang Dia tugaskan kepada kita. Lakukanlah semuanya karena kita mengasihi Tuhan.GHJ

MELAKUKAN KEHENDAK BAPA DAN MENYELESAIKAN PEKERJAAN-NYA
MENDATANGKAN KEPUASAN JIWA YANG SEJATI


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: