Sudah terbit: Volume 57!
Sudah terbit: Volume 33!

HARGA SEBUAH JANJI

1 2 3 4 5 Rating 4.17 (18 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Kejadian 44:18-34

Oleh sebab itu, baiklah hambamu ini tinggal menjadi budak tuanku menggantikan anak itu, dan biarlah anak itu pulang bersama-sama dengan saudara-saudaranya. (Kejadian 44:33).


Bacaan Alkitab Setahun:
Mazmur 139-143



Salah satu perhelatan yang penuh dengan janji adalah kampanye pemilu. Para kandidat berjanji untuk berjuang membela kepentingan rakyat kecil. Tetapi setelah terpilih, perjuangan mereka ternyata hanya untuk kepentingan partai atau diri sendiri. Janji tinggal janji. Padahal, kualitas karakter seseorang teruji ketika ia sanggup memenuhi janji.

Yehuda tergolong orang yang memenuhi janji. Ia berani mengambil risiko untuk melindungi Benyamin, adiknya. Ia maju untuk menghadapi Yusuf ketika Benyamin akan dijadikan budak oleh Yusuf karena di dalam karungnya kedapatan piala perak Yusuf. Ungkapan "Yehuda dan saudara-saudaranya" mengingatkan bahwa Yehuda adalah juru bicara untuk keluarga. Pernyataan Yehuda ini merupakan pembelaan terpanjang terhadap manusia di dalam kitab Kejadian dan merupakan salah satu pidato paling mengharukan di dalam Alkitab. Yehuda tahu risiko yang dihadapinya karena melindungi adiknya. Ia tahu bahwa Yusuf bisa saja membunuhnya. Namun, Yehuda berani maju untuk membela keluarga dan memohon belas kasihan Yusuf.

Yehuda telah berjanji kepada Yakub bahwa ia akan menjamin keamanan Benyamin. Sekarang Yehuda punya kesempatan untuk menepati janji itu. Menjadi budak adalah nasib buruk, tetapi Yehuda bertekad untuk menepati janji kepada ayahnya. Ia menunjukkan keberanian yang besar dalam melaksanakan janji. Menepati janji berarti menjalankan apa yang telah dijanjikan secara bertanggung jawab dengan tekad dan keberanian, termasuk bila harus berkurban.ENO

JANJI ADALAH UTANG, HARUS DIBAYAR


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: