REFORMASI MENTAL

1 2 3 4 5 Rating 4.19 (32 Votes)

Baca: 2 Tawarikh 34:1-7

Ia melakukan apa yang benar di mata TUHAN dan hidup seperti Daud, bapa leluhurnya, dan tidak menyimpang ke kanan atau ke kiri. (2 Tawarikh 34:2)


Bacaan Alkitab Setahun:
1 Raja-Raja 8



Banyak orang sudah gerah dengan keadaan negara ini yang dipenuhi berbagai penyimpangan. Korupsi yang merajalela secara sistematis dan masif. Ketidakadilan di bidang penegakan hukum sampai muncul kesan bahwa orang yang kaya kebal hukum, sedangkan mereka yang miskin harus rela terima nasib selalu jadi pesakitan. Kesenjangan ekonomi yang semakin jauh. Dan, masih banyak contoh lainnya. Banyak orang sudah mulai berteriak, “Semua harus dihentikan! Kami ingin perubahan!” 

Yosia menjadi raja pada usia yang masih sangat muda. Pada awal masa pemerintahan, ia mengadakan satu perubahan yang luar biasa di bidang kerohanian (ay. 3). Perubahan itu dilakukan di tengah situasi kemerosotan mental dan rohani masyarakat Yehuda yang menyembah berhala (ay. 3-7). Yosia, yang mencari Allah sejak masa muda, melakukan reformasi mendasar di bidang spiritual. Ia bertobat dan merendahkan diri saat mendengarkan firman Tuhan dari kitab Taurat yang ditemukan (ay. 19). Ia memimpin bangsanya dengan baik sampai pada akhir pemerintahannya (ay. 33). Meskipun tak dijelaskan, kita dapat membayangkan perubahan mental dan perilaku masyarakat Yehuda pada saat itu.

Keadaan negeri kita pun bukan tanpa harapan. Masih banyak orang baik yang berharap dan mengupayakan perubahan di negeri ini. Bukan saja melalui perbaikan sistem kemasyarakatan, tetapi juga melalui perubahan mental manusia. Perubahan yang dimulai dari sikap takut kepada Tuhan ini akan diikuti dengan perubahan sikap dan perilaku di segala bidang.—AAS

PERUBAHAN MENTAL SPIRITUAL AKAN MEMBAWA PENGARUH POSITIF
PADA PERUBAHAN SIKAP DAN PERILAKU


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.