TAK SEPERTI ALADIN

1 2 3 4 5 Rating 4.00 (28 Votes)

Baca: 1 Raja-raja 3:1-15

Berfirmanlah Allah: “Mintalah apa yang hendak Kuberikan kepadamu.” (1 Raja-raja 3:5b)


Bacaan Alkitab Setahun:
Bilangan 16-18



Dalam Kisah 1001 Malam ada dongeng tentang Aladin, orang miskin yang terpenjara dalam gua. Tanpa sengaja, ia menemukan lampu tua dan membersihkannya. Tiba-tiba dari lampu itu keluarlah jin yang selama ini terjebak di sana. Karena telah dibebaskan, jin itu memberi upah kepada Aladin. Tiga permintaannya akan dikabulkan. Ia pun meminta kekayaan dan kekuasaan agar dapat mengawini putri raja.

Salomo adalah raja muda yang memerintah Israel menggantikan Daud, ayahnya dengan segala kejayaannya. Menyadari beratnya tanggung jawab yang dipikul anaknya, Daud berpesan sebelum kematiannya agar Salomo setia dan taat kepada Allah (1 Raj. 2:3). Itulah kunci kesuksesan yang Daud wariskan. Di awal pemerintahannya, Salomo menaatinya. Ia beribadah dengan sungguh kepada Allah.

Ketika ia mempersembahkan pengurbanan yang sangat besar atas nama umat Allah (ay. 4), Tuhan mengindahkannya. Melalui mimpi, Allah berjanji mengabulkan apa saja permintaannya. Salomo hanya meminta satu hal: diberi hikmat untuk memimpin umat Allah yang besar itu (ay. 9). Ya, tak seperti Aladin, Salomo meminta karunia bukan untuk kepentingan diri sendiri, melainkan untuk kesejahteraan orang banyak. Tak heran Allah bersukacita mengabulkannya, bahkan melimpahinya dengan hal baik yang tidak dimintanya (ay. 13).

Pengalaman Salomo ini hendaknya mengajari kita untuk tidak hanya peduli dengan diri sendiri. Ketika kita memperhatikan kepentingan orang lain, Tuhan juga memperhatikan kepentingan kita.—HT

TIDAK MEMENTINGKAN DIRI SENDIRI ADALAH BUKTI KASIH SEJATI


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.