GARA-GARA KITA

1 2 3 4 5 Rating 4.35 (20 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Yosua 7:1-26

Tetapi orang Israel berubah setia dengan mengambil barang-barang yang dikhususkan itu, karena Akhan bin Karmi bin Zabdi bin Zerah, dari suku Yehuda, mengambil sesuatu dari barang-barang yang dikhususkan itu. Lalu bangkitlah murka TUHAN terhadap orang Israel. (Yosua 7:1)


Bacaan Alkitab Setahun:
Bilangan 7



Sebuah kendaraan menerobos sebuah kios pangkas rambut. Kejadian di sudut kota Anchorage, Alaska, AS, itu nyaris merenggut nyawa pemilik kios, Heng Song, dan dua pelanggannya. Heng Song terperangah ketika hal itu terjadi saat ia sedang asyik memotong rambut seorang pelanggan. “Baru separuh potong rambut dan bum!” katanya. Akibat kelalaian si sopir, hampir saja ia membuat nyawa orang lain melayang. Meskipun selamat, tetap saja si pemilik kios menderita kerugian.

Peristiwa di atas adalah kecelakaan. Alkitab mencatat kejadian yang lebih parah: kesengajaan. Suatu ketika Yosua memerintahkan pasukannya untuk menyerang Kota Ai. Sebelumnya, mereka menyelidiki kota itu dengan saksama. Saat mengetahui bahwa kota yang akan diserang itu sebuah kota kecil, mereka memutuskan untuk tidak mengerahkan terlalu banyak prajurit. Tetapi, siapa sangka, pasukan kota kecil itu justru sanggup mengalahkan mereka. Yosua terpukul dengan kekalahan tersebut. Sampai akhirnya Allah memberitahukan penyebabnya. Akhan dari suku Yehuda mengambil barang yang dikhususkan untuk Allah. Itu merupakan dosa dan pelanggaran terhadap perjanjian-Nya. Maka, Allah murka dan tidak menyertai peperangan mereka. Lihatlah, gara-gara ulah satu orang, umat Allah yang tidak mengerti duduk perkaranya mesti menanggung akibatnya.

Kesalahan satu orang dapat berdampak pada banyak orang lain. Kalau berupa kecelakaan, memang tak terelakkan. Namun, kiranya kita tidak secara sengaja melakukan pelanggaran dan mencelakakan sesama.—ISP

BERTINDAK HATI-HATI DAPAT MELINDUNGI DIRI SENDIRI DAN SESAMA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons:


Renungan via YouTube Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.