PENGAMPUNAN vs PENGHUKUMAN

1 2 3 4 5 Rating 4.41 (17 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Yohanes 8:8-19

Akulah terang dunia; siapa saja yang mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang kehidupan. (Yohanes 8:12)


Bacaan Alkitab Setahun:
Lukas 1



Benarkah kejahatan bakal sirna bila pelaku kejahatan dihukum seberat-beratnya? Apakah itu akan menimbulkan efek jera bagi orang lain yang berencana berbuat jahat? Kejahatandalam bentuk paling ringan sampai paling sadistelah hadir setua umur manusia yang terjerembab dalam dosa. Sebab, manusia hidup berpaling dari Allah, Sang Pencipta. Dan, peradaban manusiadari yang paling primitif sampai yang paling modernsudah menerapkan sistem hukuman, dari yang paling sadis sampai yang paling bermartabat. Namun sesungguhnya, hukuman tersebut tidak menimbulkan efek jera.

Dari pelayanan ke penjara Tim Renungan Harian, bahkan didapati kondisi yang sebaliknya. Pelaku kejahatan ringan, yang tinggal satu sel dengan narapidana lain, malah bisa mempelajari teknik kejahatan yang lebih canggih untuk diterapkan selepas masa hukuman. Namun, tak sedikit dari para penjahat yang terhukum seumur hidup, justru mengalami perubahan hidup. Mereka mengalami pertobatan sejati dan perilakunya pun sungguh-sungguh berubah.

Sejarah mencatat, penjahat nomor wahid pun akan takluk ketika Kristus menjamah hidupnya dan bersabda, "Aku pun tidak menghukum engkau. Pergilah dengan selamat dan jangan berbuat dosa lagi." Mengapa? Dalam dosa ada kuasa yang menjerat pelakunya. Hanya Kristus, sang penebus dosa, yang mampu membebaskan. Dialah Terang Dunia yang sesungguhnya, yang memberi terang hidup pada pendosa yang tinggal dalam kegelapan dan kejahatan, asal si pendosa mau menerima-Nya.—SST

DOSA DITUNTASKAN DENGAN PENGAMPUNAN,
BUKAN DENGAN PENGHUKUMAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: