Sudah terbit: Volume 57!
Sudah terbit: Volume 33!

GUILEMOT

1 2 3 4 5 Rating 3.97 (33 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Kisah Pr. Rasul 2:41-47

Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa (Kisah Pr. Rasul 2:42)


Bacaan Alkitab Setahun:
Ezra 3-5



Guilemot adalah sejenis burung laut yang senang hidup berkelompok. Ribuan burung ini hidup bersama di puncak tebing dan batu karang yang sulit dijangkau. Jika ada burung lain atau musuh mencoba menyerang mereka, seluruh kawanan burung itu bersatu memekik dan mematuk musuh mereka. Kebersamaan dan kepandaian mereka mencari tempat berlindung itulah yang menyelamatkan kawanan burung ini.

Kebersamaan. Itulah kata kunci kehidupan jemaat mula-mula. Kebersamaan di dalam persekutuan dan ketekunan dalam pengajaran rasul. Mereka berdoa bersama dan berbagi hidup sehingga kelebihan yang satu menutupi kekurangan yang lain. Yang lebih mengharukan lagi, mereka melakukan itu semua dengan tulus hati tanpa pamrih. Dengan demikian, persekutuan pun terjaga dengan baik sehingga menjadi kesaksian yang indah bagi pihak luar. Jumlah mereka pun semakin bertambah dan pada akhirnya nama Tuhan dipermuliakan.

Kebersamaan burung Guilemot bisa menjadi contoh bagi orang percaya dalam belajar dan memaknai kebersamaan. Kita hidup berdampingan dalam persekutuan sehingga bisa membantu dan melengkapi satu sama lain. Ketika menghadapi persoalan berat, tekun berdoa dan saling mendukung dan menopang. Orang percaya juga perlu terus bergumul dengan firman dan selalu mengandalkan perlindungan Tuhan Yesus, Sang Batu Karang. Kalau kita menjalani hidup ini dengan berdoa, bersekutu dengan Tuhan melalui fir man-Nya, dan mengandalkan kuasa-Nya, sesulit apa pun hidup ini, kita dapat menjalaninya dengan damai dan sukacita.—ENO

SEBATANG ANAK PANAH MUDAH DIPATAHKAN,
TETAPI TIDAK DEMIKIAN DENGAN SEPULUH ANAK PANAH YANG DISATUKAN.—Pepatah Jepang


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: