Sudah terbit: Volume 57!
Sudah terbit: Volume 33!

KASIH DI SMOKEY MOUNTAIN

1 2 3 4 5 Rating 4.50 (16 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Ulangan 15:1-11

Haruslah engkau membuka tangan lebar-lebar bagi saudaramu, yang tertindas dan yang miskin di negerimu. (Ulangan 15:11)


Bacaan Alkitab Setahun:
Yosua 7-8



Kunjungan singkat ke tempat pembuangan sampah terbesar di kota Manila, Filipina, yaitu Smokey Mountain yang dihuni 1.700 keluarga miskin, sungguh mendatangkan kesan tersendiri. Di sana ada kegiatan luar biasa yang dilakukan gereja lokal. Jemaat UCCP (United Church of Christ in Philipinnes) Tondo membuka sebuah taman kanak-kanak di salah satu sudut Smokey Mountain untuk mendidik dan membagikan harapan akan kesempatan memiliki masa depan yang lebih baik. Sebuah penerapan kasih yang nyata kepada sesama.

Perikop hari ini mengatur penghapusan utang dalam kehidupan bangsa Israel. Ini suatu bentuk keadilan dan pertolongan kepada sesama yang tidak sanggup untuk membayar utang. Firman Tuhan mengatakan pentingnya membuka tangan dan hati menolong mereka yang membutuhkan. Mereka yang kuat semestinya tidak menindas yang lemah, melainkan mengulurkan tangan untuk membantu.

Orang miskin selalu ada di sekitar kita dan mereka membutuhkan pertolongan. Tuhan hendak memakai kita untuk menjadi saluran berkat-Nya. Persoalannya, apakah mata kita terbuka untuk melihat mereka yang ada di sekitar kita dan membutuhkan uluran tangan kasih kita? Tuhan menghendaki supaya kita dapat menunjukan kasih dan empati kita terhadap mereka. Bukan saja dalam bentuk derma atau pemberian sesaat, tetapi juga dukungan berkesinambungan yang memampukan mereka mengubah keadaan mereka sendiri menjadi lebih baik. Bersediakah kita menolong?—AAS

KASIH ADALAH KEKUATAN UNTUK MENOLONG MEREKA YANG LEMAH DAN TERTINDAS


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: