Sudah terbit: Volume 57!
Sudah terbit: Volume 33!

BERKAT DAN KUTUK

1 2 3 4 5 Rating 3.50 (2 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Yehezkiel 16:59-63

Aku akan meneguhkan perjanjian-Ku dengan engkau, dan engkau akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN... (Yehezkiel 16:62)


Bacaan Alkitab Setahun:
Mazmur 23-30



Di organisasi perusahaan yang cukup besar, sistem yang baku diterapkan agar perusahaan berjalan dengan baik. Salah satunya, reward and punishment (penghargaan dan hukuman) dimaksudkan untuk memacu karyawan berprestasi optimal. Karyawan yang berprestasi diberi hadiah, sedangkan karyawan yang melakukan kesalahan diberi sangsi atau hukuman. Semuanya itu dituangkan di dalam perjanjian kerja.

Tuhan mengikat perjanjian dengan umat Israel, dan Dia setia kepada ikatan perjanjian itu. Dalam perjanjian Sinai, berkat dan kutuk merupakan konsekuensi yang harus diterima umat Israel tatkala mereka taat atau memberontak. Ketidaktaatan mereka menuai kutuk penghukuman sebagai didikan agar mereka bertobat dan berbalik kepada Allah. Namun, penghukuman-Nya itu hanya berlaku sementara. Setelah masa penghukuman selesai, mereka akan dipulihkan dan diterima lagi sebagai umat kesayangan Allah. Sekali lagi, Tuhan bermaksud mendidik umat-Nya agar mengenal diri-Nya dan karakter-Nya yang tidak berubah sehingga mereka menjadi sadar dan merasa malu atas perilaku mereka yang tidak terpuji.

Saat ini Allah mendidik kita sebagai Bapa yang penuh kasih kepada anak-anak-Nya. Didikan-Nya sama sekali tidak dimaksudkan untuk menyakiti atau menghancurkan kita. Didikan-Nya justru dimaksudkan demi kebaikan dan pembentukan kita. Dia menuntun kita untuk menjauhi jalan-jalan yang tidak terpuji, dan mengajari kita untuk hidup di dalam kebenaran. Dia mendidik kita agar karakter-Nya semakin nyata dalam hidup kita.-ENO

KEHIDUPAN KITA MENJADI KUAT DAN INDAH
KETIKA KITA BERJALAN MENURUT DIDIKAN ALLAH


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: