KEPRIHATINAN YESUS

1 2 3 4 5 Rating 4.45 (40 Votes)

Baca: LUKAS 13:1-5

“‘Tidak!’ kata-Ku kepadamu. Tetapi jikalau kamu tidak bertobat, kamu semua akan binasa dengan cara demikian.” (Lukas 13:5)


Bacaan Alkitab Setahun:
Yohanes 9-10



Dunia ekonomi, politik, sosial, dan budaya saat ini sungguh kacau dan memprihatinkan. Pandemi berkepanjangan membuat banyak orang menderita. Saling ancam dan peperangan terjadi di berbagai belahan bumi. Aneka bencana alam, kecelakaan, kasus kriminal, dan konflik keluarga sedang kita alami. Lalu bagaimanakah sikap kita?

Andai saja masalah pelik ini disodorkan kepada Yesus, bagaimanakah reaksi-Nya? Pernah, ada yang memberitakan kepada Yesus bahwa Pilatus mencampur darah beberapa orang Galilea dengan darah korban yang mereka persembahkan (ay. 1). Orang Yahudi menantikan tanggapan Yesus agar Ia dapat dipersalahkan berdasarkan komentar-Nya. Sebab perisitiwa itu terkait masalah politik, sosial, dan agama saat itu. Di luar dugaan semua orang, Yesus justru mengaitkannya dengan dosa para pendengar-Nya. Yesus menuntut agar mereka bertobat. Tuntutan ini bahkan diulang kembali tatkala Yesus menyebut bencana lain yang tak kalah mengerikan (ay. 4).

Kita menaruh keprihatinan besar atas berbagai malapetaka yang saat ini kita hadapi. Bencana masih akan terus melanda hingga akhir zaman. Tentu kita tidak boleh berpangku tangan jika kita dikaruniai kemampuan dan kesempatan untuk menolong. Meskipun demikian, kita wajib memusatkan perhatian kepada masalah terbesar diri kita sendiri, yakni dosa. Yang terpenting adalah bahwa kita bertobat sungguh-sungguh dari dosa dan menerima pengampunan serta penebusan dari Yesus Kristus. Dengan demikian, kita terhindar dari kematian kekal yang jauh lebih mengerikan.

—HEM/www.renunganharian.net


DI TENGAH KEPRIHATINAN BESAR ATAS BERBAGAI MALAPETAKA,
KITA WAJIB PRIHATIN ATAS DOSA KITA, MELAKUKAN PERTOBATAN,
DAN MENERIMA PENEBUSAN YESUS KRISTUS


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.