SYIBOLET

1 2 3 4 5 Rating 4.22 (69 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: HAKIM-HAKIM 12:1-7

Maka mereka berkata kepadanya: "Coba katakan dahulu: syibolet." Jika ia berkata: sibolet, jadi tidak dapat mengucapkannya dengan tepat, maka mereka menangkap dia dan menyembelihnya dekat tempat-tempat penyeberangan sungai Yordan itu. Pada waktu itu tewaslah dari suku Efraim empat puluh dua ribu orang. (Hakim-hakim 12:6)


Bacaan Alkitab Setahun:
Bilangan 19-20



Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa memetakan dan memverifikasi bahwa ada 801 bahasa daerah di Indonesia pada tahun 2019. Itu belum termasuk perbedaan dalam dialek atau logat satu bahasa. Keragaman ini bisa dinilai negatif atau positif. Semua tergantung cara pandang kita.

Perbedaan ini dapat dilihat sebagai sekat pemisah antarsuku bangsa. Seperti terjadi saat Yefta menjadi hakim Israel. Yefta telah mengalahkan musuh Israel yang memperbudak mereka bertahun-tahun, namun suku Efraim bukannya bersyukur. Mereka malah mengancam membunuh Yefta karena mereka tidak dilibatkan dalam perang itu. Lalu Yefta mengerahkan pasukannya memerangi suku Efraim. Mereka pun kocar-kacir dan melarikan diri. Ternyata pasukan Yefta juga telah menjaga tempat-tempat penyeberangan. Siapa pun yang hendak menyeberang, diminta mengucapkan satu kata, yakni “syibolet” yang artinya “bagian batang tanaman yang memiliki bulir”. Orang Efraim melafalkannya “sibolet” sesuai logat bahasa mereka. Dan itu berarti kematian bagi 42 ribu orang pada hari itu.

Namun perbedaan bahasa dan dialek juga bisa dimaknai sebagai kekayaan yang sangat berharga. Itu mengandung sejarah, budaya dan ragam filosofi kearifan lokal. Seharusnya dihargai dan dilestarikan. Juga digunakan untuk hal-hal yang membangun. Kabar baiknya, penebusan Kristus juga meliputi semua penutur bahasa. Kelak, kita juga akan menyaksikan orang-orang dari segala bahasa memuji Allah di surga (Why. 5:9; 7:9). Dan itu dapat kita lakukan juga mulai saat ini, dengan bahasa atau dialek kita sendiri.

—HT/www.renunganharian.net


KITA HENDAKNYA MEMPERGUNAKAN KERAGAMAN BAHASA DAN DIALEK,
UNTUK MEMBANGUN SESAMA SERTA MENGAGUNGKAN NAMA TUHAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.