DARI KASIH YANG SAMA

1 2 3 4 5 Rating 4.52 (52 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: EFESUS 5:8-16

… “Bangunlah, hai kamu yang tidur dan bangkitlah dari antara orang mati dan Kristus akan bercahaya atas kamu.” (Efesus 5:14)


Bacaan Alkitab Setahun:
Roma 1-3



Sebagai orang tua, Anda pasti mengasihi anak-anak Anda apa adanya. Artinya entah dia (mereka) tinggi atau pendek, rajin atau agak pemalas, mewarisi kecerdasan super atau biasa saja, berbakat menyanyi atau tidak—itu tidak menentukan kasih Anda. Tetapi saya juga yakin, Anda pun berharap mereka berkembang maju—itu sebabnya Anda mengirim mereka ke sekolah, mengajarinya ini dan itu, menasihati dan menegurnya. Jadi, menerima apa adanya dan mengharapkan perkembangan serentak bersumber dari kasih yang sama, bukan?

Dalam nasihat penggembalaannya kepada umat di Efesus, Paulus merujuk pada upacara sakral, yaitu pembaptisan—saat tatkala mereka diangkat keluar dari air baptisan selam kemudian terdengar ucapan liturgis sebagaimana terkutip di ayat 14. Maknanya jelas. Mereka yang dibaptiskan itu adalah “anak-anak terang” (ay. 8). Harus bangun dari tidur manusia lama, segera berubah mengenakan perilaku manusia baru. Sebagaimana Kristus bangkit, demikianlah mereka bangkit dalam hidup yang baru. Hidup yang berhikmat menggunakan setiap kesempatan untuk memuliakan Tuhan (ay. 15-16).

Iman Kristen berangkat dari kebenaran yang fundamental—setiap kita dikasihi Allah apa adanya. Diselamatkan karena anugerah. Jangan bergeser dari situ. Kita tak akan mampu membuat Tuhan lebih atau kurang mengasihi kita. Kasih-Nya abadi tak berubah. Namun serentak kasih yang sama itu tak pernah berhenti berharap agar kita seksama memperhatikan bagaimana kita hidup. Bertobat. Berbenah. Bertumbuh dengan panutan Dia yang kita ikuti, Yesus yang bangkit itu.

—PAD/www.renunganharian.net


ALLAH MENGASIHIMU APA ADANYA, TAPI DIA MENOLAK UNTUK MEMBIARKANMU SEADANYA.
DIA MENGINGINKANMU MENJADI SEPERTI YESUS.—Max Lucado


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.