MENJAWAB KEBUTUHAN

1 2 3 4 5 Rating 4.40 (53 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: LUKAS 9:12-17

Tetapi Ia berkata kepada mereka, “Kamu harus memberi mereka makan!” Mereka menjawab, “Yang ada pada kami tidak lebih daripada lima roti dan dua ikan, kecuali kalau kami pergi membeli makanan untuk semua orang banyak ini.” (Lukas 9:13)


Bacaan Alkitab Setahun:
Nehemia 4-6



Seruan kebutuhan selalu ada di sekeliling kita. Dan sering kali, kita berdoa supaya muncul seseorang yang Tuhan kirimkan untuk menjawab kebutuhan itu. Namun, ucapan Yesus terhadap para murid begitu tajam dan jelas: "Kamu" harus memberi mereka makan. Bukan orang lain.

Seperti para murid ketika menengok besarnya kebutuhan yang harus dijawab, sering kali kita ciut melihat keterbatasan yang ada. Kita merasa tidak cukup mampu menolong. Yang ada cuma sedikit. Di sisi lain, mungkin saja saat itu ada orang-orang, selain si anak kecil, yang memiliki makanan untuk bisa ditawarkan. Tentu, mereka juga melihat dan tahu kebutuhan yang ada. Tetapi kenyataannya, mereka tidak menyodorkan apa pun.

Kebenarannya, dunia sekitar tidak membutuhkan orang-orang yang serba tahu apa yang terjadi. Yang seperti itu sudah banyak. Mereka merindukan kehadiran para penjawab kebutuhan. Hanya anak kecil inilah yang berusaha menjawab dengan apa yang ada padanya, sekalipun sangat sedikit. Menariknya, setiap hal yang diserahkan dalam tangan Tuhan akan dilipatgandakan-Nya. Ingatlah, bukan tanpa alasan Tuhan menempatkan kita dalam situasi tertentu. Dia ingin kitalah "si anak kecil" berikutnya yang menjawab kebutuhan sekitar.

Kita memang tidak bisa menjawab semuanya dan Tuhan tidak memanggil kita untuk itu. Namun, selalu ada satu atau dua kebutuhan di sekitar yang terjangkau untuk kita jawab!

—HTN/www.renunganharian.net


BERUSAHALAH MENJAWAB KEBUTUHAN,
BUKAN HANYA CUKUP TAHU DAN BERDIAM DIRI


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.